KARAWANG-PEKA-Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karawang untuk 2015 telah menargetkan dapat meraup Rp 500 juta,dan pencanangan kegiatan sosial tersebut terlaksana pada hari kamis kemarin ,15/10/2015, di   di Gedung Singaperbangsa Lt III ,Pemda Karawang.

Hj.Eli Amalia Priatna
Saat Memberikan Bantuan di Tempuran
Sekda  yang dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan Plt Bupati Karawang, dr.Cellica Nurrachadiana menyampaikan, bahwa Pemda secara khususnya menyambut baik digelarnya Bulan Dana PMI Tahun 2015.

Namun demikian, dalam pelaksanaannya diharapkan kegiatan ini tidak hanya mampu menggalang dana melalui kerjasama dengan institusi-institusi yang ada, akan tetapi juga mampu mendorong kesadaran masyarakat untuk meningkatkan solidaritas sosial kemanusiaan. Sehingga masyarakat akan semakin tertarik dan mau menyisihkan dana dan mendonorkan darahnya untuk membantu kegiatan PMI.

Lebih lanjut Sekda menjelaskan bahwa penanganan masalah sosial kemanusiaan, merupakan masalah yang harus mendapat perhatian lebih serius, sehingga penanganan masalah tersebut bukan hanya merupakan tanggung jawab pemerintah.Tetapi merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat, serta pihak-pihak yang berkepentingan, yang dalam hal ini salah satu lembaga yang menjadi ujung tombaknya adalah Palang Merah Indonesia.Terlebih sejak didirikan 70 tahun yang lalu, PMI telah banyak membantu Pemerintah dan masyarakat dalam kegiatan bhakti kemanusiaan, melalui berbagai macam kegiatan kepalangmerahan seperti pemberian perlindungan dan bantuan kemanusiaan, upaya kesehatan dan transfusi darah, pemberian pelayanan sosial dan kesehatan masyarakat, serta pembinaan generasi muda yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) serta Korps Sukarela (KSR).

“Berbagai kegiatan dan aktivitas pmi tersebut sangat berarti, baik dalam membantu dan menolong masyarakat yang membutuhkan maupun dalam mendidik dan membudayakan sikap kepedulian, empati, saling berbagi, rasa kebersamaan serta kesetiakawanan sosial,” jelasnya.

Oleh karena itu, Sekda  memandang bahwa kegiatan Bulan Dana PMI ini merupakan media yang sangat tepat untuk melakukan revitalisasi semangat kebersamaan serta kesetiakawanan sosial di tengah masyarakat.“Untuk itu, saya mengharapkan kepada PMI Kabupaten Karawang, agar ke depan, sesuai dengan bentuk dan sifatnya, PMI dapat terus menciptakan terobosan-terobosan guna mengakses potensi-potensi masyarakat untuk kemajuan organisasi,” tegasnya.

Ketua PMI Kabupaten Karawang ,Hj. Eli Amalia Priatna,SPd menyebutkan kegiatan yang diselenggarakan oleh PMI tidak hanya sekedar berkutat pada unit transfusi darah serta kegiatan donor darah saja.Melainkan lebih dari itu, dimana banyak kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh PMI, termasuk PMI Kabupaten Karawang.

Kemudian kata Eli,Alhamdulillah di Karawang PMI selalu menjadi pihak yang pertama kali membantu bila terjadi bencana alam,namun Eli menyatakan sangat -sangat-sangat prihatin jika pada pelaksanaanya untuk Bulan Dana PMI 2015 tidak dapat berjalan secara maksimal."Padahal hasil bulan dana PMI akan dikeluarkan untuk kepentingan sosial bukan untuk berfoya-foya",tegasnya.

Untuk itu,kepada seluruh lapisan masyarakat Karawang,mari kita sisihkan sedikit saja bagian dari milik untuk kepentingan kemanusian melalui PMI,tandasnya#aa