Bandung, PEKA.- ‪KPU Jabar mengaku yakin  partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2015 di delapan kabupaten/kota setidaknya bisa menembus 65 persen. Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat, tidak percaya dengan hasil pemilihan dari sejumlah lembaga survei yang menyatakan partisipasi pemilih rendah.

"Kalau ada yang mengatakan partisipasi pilkada rendah, itu ngaco. Proses penghitungan suara kan masih berjalan," ungkap Yayat, saat dihubungi, Jumat (11/12).

Penghitungan atau rekapitulasi suara itu akan berlangsung hingga 16 Desember. Dengan begitu, Yayat mempertanyakan hasil survey yang menyatakan partisipasi pemilih di Jawa Barat rendah.

"Itu yang mengatakan rendah survei sumbernya dari mana?" tanya Yayat. 

Ia mengaku yakin partisipasi akan tinggi karena telah melakukan sosialisasi secara maksimal. Anggaran sosialisasi yang digunakan seluruh KPU daerah mencapai Rp30 miliar hingga Rp40 miliar.

"Saya optimis partisipasi pilkada serentak ini mencapai 65 persen. Pokoknya bisa lebih dari 60 persen. Itu adalah angka yang wajar," tegas Yayat.

Di Jawa Barat Pilkada digelar di Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Tasikmalaya, Pangandaran, Kabupaten Indramayu, dan Kota Depok. Berbeda dengan yang lain, di Kabupaten Tasikmalaya hanya diikuti satu pasangan calon, dengan metode pemilihan 'setuju' dan 'tidak setuju'.


rmoljabar