Breaking News
---

Ada Apa Dengan Guru SMAN 5 Karawang ?

KARAWANG-PEKA-.Guru SMAN 5 Karawang gugup ditanya Pancasila oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Dapil Jabar VII, Dadang S Muchtar. Hal itu ketika Dadang S Muctar berkunjungan kepada SMAN 5 Karawang untuk rapat dengar pendapat tentang pilar kebangsaan, Sabtu (9/4/2016).

Dadang ngetes guru PPKN atau Kewarganegaraan seputar Pancasila. Namun guru ini nampak gugup. Akan tetapi tidak jadi soal, karena kedatangan wakil rakyat asal Karawang memberikan pencerahan mengenai Pancasila, UUD, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika kepada guru dan pelajar di sekolah favorit di Karawang.

Kata Dasim sapaan akrabnya menyabutkan, semakin maju perkembangan jaman empat pilar ini terlupakan. Pihaknya membandingkan jaman dulu dipastikan ada gambar Pancasila didinding ruang kelas.

“Namun sekarang saya lihat tidak ada. Artinya semakin memudar,” katanya.

Sebab itu, Dasim mengingatkan kembali betapa pentingnya pemahaman Pancasila, UUD, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Selaku warga Negara Indonesia wajib mengetahui dan diaplikasikan.

“Dalam Pancasila sudah mencakup semuanya. Termasuk beragam suku, agama, ras sudah dijelaskan. Pancasila dibuat melalui tirakat, tahajud supaya mencakup keadilan semuanya,” katanya.

Pancila juga harga mati. Tidak bisa dirobah, juga Undang-Undang. “Kalau Undang-Undang bisa dirobah hanya pasal-pasalnya saja,” katanya.

Dengan demikian, Dasim harapkan guru dan pelajar dapat pemahami. Selanjutnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya Karawang supaya menjadi pedoman dalam berbangsa dan bernegara.

“Agar hidup rukun sesama umat,” bebernya.

Kepala SMAN 5 Karawang, Agus Setiawan, menyambut baik kedatangan Anggota Komisi II DPR-RI kepada sekolah yang dia pimpin. “Saya bangga bisa kedatangan pak Dadang S Muchtar ke SMAN 5,” katanya.

Agus mengatakan, memang perlu ada sosialisasi mengenai pilar kebangsaan.  Maka itu, ia meminta mantan bupati untuk memberikan penjelasan kepada guru dan pelajar di SMAN yang dia pimpin.

“Peserta saya hadirkan kelas X,XI,XII dan semua guru. Diharapkan bisa bermanfaat pengetahui yang diberikan pak Dasim,” tutupnya.#oc.

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan