Cibinong-PEKA-. Bupati Bogor Nurhayanti mendapat penghargaan Lencana Jasa Pratama dari PMI Pusat terkait kinerjanya dalam membina organisasi dan melakukan kegiatan kemanusiaan di wilayahnya. 

"Ya keberhasilan beliau adalah terhadap pembinaan PMI Kabupaten Bogor selama lebih kurang dua puluh satu tahun," kata Ketua PMI Provinsi Jawa Barat, Irjen Pol Purn Adang Rochjana usai mengikuti Upacara peringatan hari Pahlawan Nasional, di Lapangan Tegar Beriman, Kamis. 

Ia mengatakan, baik Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) pusat maupun Provinsi Jawa Barat menilai Nurhayanti yang juga menjabat sebagai Bupati Bogor saat ini konsisten melakukan kegiatan kemanusiaan selama hampir 22 tahun bersama PMI. 

Nurhayanti yang meniti karirnya mulai dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada masanya terlibat dalam pembentukan Palang Merah Remaja (PMR), Korps Sukarela (KSR) dan Tenaga Sukarela (TSR) di wilayah Kabupaten Bogor. 

Adang mengatakan, seorang Bupati pastilah mengalami kesulitan untuk melakukan misi kemanusiaan jika hanya mengandalkan birokrasi. 

Maka dari itu, Nurhayanti yang hingga saat ini terus aktif sebagai ketua PMI Kabupaten Bogor dianggap tokoh yang konsisten melakukan kegiatan sosial melalui organisasi tersebut ditengah aktivitasnya yang padat sebagai kepala daerah. 

Sebab itu, Ketua PMI Jabar itu mengaku dirinya melihat hal tersebut sebagai nilai tambah yang perlu diapresiasi dengan penghargaan. 

Purnawirawan Kepolisian Republik Indonesia yang pernah menjabat sebagai Kapolres Bogor tahun 1995-1996 itu juga menyampaikan, Nurhayanti ikut andil mendukung Palang Merah Remaja Provinsi Jawa Barat dalam lomba Jumbara di Makassar yang berhasil mendapat juara pertama. 

Selain itu, dalam masa kepemimpinannya sebagai Bupati, Nurhayanti mengimplentasikan perhatiannya terhadap kegiatan kemanusiaan dengan mengembangkan program siaga desa yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Ia berharap Bupati Bogor yang telah diberikan penghargaan itu dapat semakin aktif di PMI untuk memajukan Kabupaten Bogor. #ANT.