Breaking News
---

Biaya Diklat 48 Cakep SMP di Tanggung PEMKAB


KARAWANG, PEKA- Meskipun tidak bisa dilantik sebagai Kepsek untuk mengisi sejumlah SMP yang kosong, sebanyak 48 Calon Kepala (Cakep) SMP dapati kabar menggembirakan. Pasalnya, Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang dicemaskan menyedot biaya kantong pribadi belasan juta di P4TK Cianjur dan belum menjamin kelulusannya, bakal ditanggung penuh biayanya oleh Pemkab Karawang.



Dadan Sugardan
Hal itu diungkapkan langsung Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Dadan Sugardan kepada PEKA baru-baru ini.


 Para Cakep SMP dipastikannya tidak akan dilantik dalam agenda mutasi-rotasi yang kabarnya akan digelar akhir tahun ini. Selain belum di Diklat, ke 48 Cakep ini juga belum di jamin P4TK bakal lolos seleksi paska diklatnya, karena yang dibutuhkan sampai 2019 mendatang hanya 24 orang. 

Sejauh ini sebut Dadan, format seleksi para cakep SMP memang agak berbeda, karena mengharuskan Diklat di muka sebelum definitif dijadikan Kepsek, lain dengan Cakep-cakep angkatan sebelumnya yang definitif dulu kemudian di diklat.

 Persoalannya, diklat itu dianggap hal yang mahal, karena harus merogoh uang pribadi sampai belasan juta, syukur kalau lolos, jika tidak, para Cakep menganggap uang yang dikeluarkannya akan sia-sia. Dasar itulah, ia yakinkan agar para Cakep smp tidak cemas soal biaya, karena pihak Dinas yang akan menanggung semua biaya diklat 48 Cakep tersebut di P4TK Cianjur," Insya Allah, jangan khawatir, Pemkab yang akan biayai diklat tersebut," Ujarnya.


Lebih jauh Dadan menambahkan,soal waktu diklat sendiri diakuinya belum ada kepastian penyelenggaraannya dari P4TK yang memiliki wewenang ditahun ini, beda dengan yang sebelumnya digarap LPMP. 


Meski demikian, pihak Dinas sudah melakukan komunikasi dengan P4TK soal jadwal, karena masih antri dengan berbgai kabuaten/kota di Indonesia. 

Namun, pihaknya berharap, Diklat ini kiranya bisa digelar sebelum berakhirnya tahun ajaran 2016/2017 pada Juni mendatang, karena diakuinya, selain yang daftar tunggu kepsek SMP angkatan 2016 yang sudah harus mengisi kekosongan Kepsek definitif sebanyak 6 SMP, masih ada sekitar 3 sampai 4 SMP yang masih akan kosong, diharapkan Cakep lolos dan definitif 2017 ini yanhg akan mengisinya," Kita harap diklat dilaksanakan sebelum tahun ajaran berakhir, supaya mengisi kursi jabatan Kepsek yang kosong," Ungkapnya.


Jika dibiarkan kosong ditahun 2017 sebanyak 3-4 SMP, sementara Cakep SMP ini tak kunjung ada hasil pasti soal kelulusan maupun SK resminya paska diklat, pihaknya akan isi kekosongan Kepsek itu diluar Cakep terlebih dahulu yang legal formalnya belum sah, tetapi Kepsek-Kepsek terdekat yang sudah definitif akan di rangkap jabatankan menjadi Plt sementara sampai ada Cakep SMP yang sah nantinya. Walaupun merangkap 2 Kepsek SMP nantinya, keabsahan tandatangan untuk urusan BOS, PMMS maupun Ijasah siswa tetap sama kewenangannya legal," Kalau masih kosong, ya kita akan tunjuk Kepsek terdekat isi rangkap jabatan, wewenang dan perannya sama saja, yang jelas bukan Cakep yang belum resmi," Pungkasnya.@sr-novi.
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan