Breaking News
---

Banyak Lahan Gundul Pesisir Minim Perhatian Penghijauan

Karawang, PEKA -Abrasi dan rob setiap tahun melanda pesisir utara karawang, utamanya laut wilayah barat. Lahan-lahan gundul pantai di laut timur Karawang yang tanpa sentuhan, masih dibiarkan menjadi lahan kering tidak hijau. 

Ilustrasi Lahan Gundul
Bantuan tanaman mangrove juga musiman mengalir kepeduliannya dari sejumlah perusahaan Swasta. Penyelia tanaman Mangrove Muara, Fatoni mengatakan, jumlah lahan gundul yang berpotensi untuk ditanami mangrove di pantai Karawang ini masih sangat membentang luasnya. 

Jika terlalu lama tidak ditanami, lahan-lahan kering pantai dan gundul itu rawan klaim dan mengancam abrasi seperti yang terjadi di wilayah cemarajaya-Sedari Pakis ke arah Bakasi. 

Namun, bukan berarti wilayah timur laut Karawang juga aman, sebab banyak lahan-lahan kosong butuh segera ditanami mangrove, sayangnya diakui Toni masih jarang Pejabat dan perusahaan sekelas BUMN misalnya menyetuh alokasi besar-besaran untuk memperluas tanam mangrove," Laut timur masih potensi ditanami mangrove, kita menunggu siapa yang lebih peduli," Ujarnya.


Toni menambahkan, di Muarabaru dan Muaralama misalnya, banyak pantai yang belum tergarap penanaman mangrove, dari Pemkab ada sesekali yang diturunkan dari Dinas kelautan dan Perikanan. 

Dirinya banyak memiliki stok bibit manrove siap tanam, namun masih belum ada perhatian Pemkab dan perusahaan yang kiranya serentak lagi menutupi lahan-lahan kosong untuk segera ditanami mangrove, biar suatu waktu bisa menjadi hutan pesisir yang sejuk dan menjadi ekowisata baru untuk Karawang," Kita banyak bibit, hanya belum ada komitmen elemen yang bisa dikerjasamakan, agar lahan gundul di Pantai ini serentak ditanami mangrove," Pungkasnya.#sr-novi.
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan