KARAWANG, PEKA - Dampak bentrokan antara massa pendukung Front Pembela Islam (FPI) dengan LSM GMBI di Bandung beberapa waktu lalu sempat membuat panas situasi Kamtibmas di Karawang. 

FPI dan GMBI
Pasalnya anggota GMBI di Karawang mencapai ribuan orang yang memiliki kantor cabang di 30 kecamatan. Hal yang sama juga pendukung FPI yang jumlah anggotanya tidak kalah banyak dengan GMBI. Hal inilah yang sempat memunculkan kecemasan di masyarakat bakal adanya bentrok susulan di setiap kabupaten.


Kapolres Karawang AKBP Andi Herindra bersama Wakil Bupati Karawang, Jimmy Ahmad Zamaksari serta Dandim 0604, Letkol Ayi Yossa Karya turun kelapangan untuk mencegah terjadinya bentrok susulan di Karawang. Andi Hernida langsung mendatangi pengurus FPI, sedangkan Jimmy Ahmad Zamaksari berkomunikasi dengan GMBI. "Suhunya memang sempat panas setelah kejadian bentrok di Bandung itu, makanya kami dari unsur Muspida turun tangan langsung untuk menyejukan suasana. Kita coba memberikan pengertian kepada mereka untuk menjaga kondusifitas Karawang," kata Jimmy, Senin (16/1).

Menurut Jimmy, yang dikenal dekat dengan Ormas dan LSM ini mengatakan tidak hanya Ormas FPI dan GMBI saja, namun juga yang lainnya diajak untuk bersatu. Segala perbedaan harus diselesaikan dengan jalan musyawarah. "Islam itu tidak mengajarkan kita untuk demo apalagi sampai bentrok. Islam itu mengajarkan kita untuk musyawarah jika memang terjadi permasalahan untuk diselesaikan. Makanya saya bersama kapolres dan Dandim bertemu dengan berbagai pihak untuk mendinginkan suasana," katanya.

Jimmy mengaku Pasca bentrok antara GMBI dan FPI memang sempat menimbulkan kerawanan di Karawang karena kedua kubu memiliki basis massa yang cukup banyak. Hanya saja berkat kerja cepat tim Muspida dipimpin Kapolres kerawanan itu sudah berhasil diminimalisir. "Kedua pihak sudah sepakat tidak akan saling serang dan akan menyeselesaikan setiap permasalahan dengan jalan musyawarah," katanya.

Sementara itu Kapolres Karawang AKBP Andi Herindra dalam pertemuan dengan GMBI meminta agar semua pihak menahan diri dan tidak mudah tersulut emosi. Menurutnya masalah bentrok yang terjadi di Bandung sudah ditangani pihak kepolisian hingga tidak perlu lagi ada aksi saling membalas. " Kita serah masalah ini sesuai dengan hukum kita tidak perlu lagi memperbesar masalah," katanya.#oca-novi.