Breaking News
---

Tindak Oknum Sponsor TKI Pelanggar Moratorium

Karawang,  - Moratorium Tenaga Kerja Indonesia (TKI)  ke Timur Tengah nampaknya masih diabaikan sejumlah oknum. Parahnya,  calon TKI acapkali lolos ke Timur Tengah atau negara tujuan yang dilarang oleh negara.  Disisi lain,  pemahaman SDM para Calon Tenaga Kerja,  masih kurang cakap dalam mendalami prosedur resmi dan legal. 

Purna TKI asal Desa Pasirjaya,  Sadikin mengatakan,  dirinya sudah menjadi TKI di Timur Tengah dan Malaysia sudah lama dan resmi.  Dirinya faham prosedur sejak moratorium diberlakukan oleh Kementrian Tenaga Kerja sejak era Presiden SBY,  namun apa jadinya jika pemahaman itu tidak bisa diserap oleh masyarakat Calon TKI saat ini.  Buktinya sebut Sadikin,  banyak Calon TKI justru lolos ke Negara tujuan yang di larang.  Entah dari mana prosedurnya, sebab bisa saja terjadi manipulasi ditingkat Oknum Sponsornya,  atau juga Imigrasi.  Disisi lain,  sosialisasi dari Dinas sendirj masih kurang banyak tersampaikan,  atau bahkan juga sebut Sadikin,  Calon TKI nya sendiri yang ngotot pergi walaupun jalur ilegal sekalipun. " Yang saya heran,  moratorium masih berlaku tapi kenapa banyak yang masih dikirim ke timur tengah, " Katanya.

Anggota Komisi D DPRD Karawang,  H Cita mengatakan,  di Dinas Tenaga Kerja dan Transigrasi (Disnaker)  sebenarnya sudah ada layanan satu pintu, tapi entah mengapa jalur-jalur  prosedural masih jarang ditempuh. Pemalsuan,  rekayasa dan manipulasi data sudah masuk tindakan pidana jika disalahgunakan,  bahkan bisa masuk kategori perdagangan orang.  Ia apresiasi upaya Dinas sejauh ini baik dalam hal pemberdayaan Purna TKI,  namun bagi calon TKI diharapkan sosialisasi ini bisa lebih menyeluruh dan masif.  "Masih ada yang main-main,  mita desak Dinas agar menertibkan oknum sponsor atau PJTKI yang masih meloloskan masyarakat kerja di negara larangan, " pungkas Mantan Kades Bayurlor yang sedang reses di Desa Pasirjaya ini. 


Penulis : Ruri
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan