Breaking News
---

Siap-siap Tahun Depan ,DPMPD Karawang Bakal Uji Coba Rekening Desa Ke Giro

PELITAKARAWANG.COM-.Jika selama ini ADD, Dana Desa dan Bantuan Gubernur mengucur ke Desa melalui rekening tabungan, siap-siap tahun depan dialihkan melalui Giro dalam satu pintu. Selain mengurangi resiko kecurangan, Giro yang akan diberlakukan juga sebagai dasar pertanggungjawaban pencairan dan realisasi anggaran ditahun 2019 mendatang.

Sekretaris DPMPD Karawang,Wawan Hernawan mengatakan, semua rekening desa dari buku tabungan akan di uji coba beralih ke Giro tahun depan. Karena biasanya, sumber anggaran baik dari ADD, Dana Desa atau bahkan DBH dan Bantuan Gubernur, rata-rata melalui satu rekening atau juha beberapa rekening. Namun, kedepan akan di satu pintukan, yaiti dalam cek Giro, sehingga setiap anggaran yang turun hanya akam melalui giro yang dibuat ulang nomornya oleh desa masing-masing. " Akan mulai di spesialisasikan tahun ini dan diberlakukam tahun 2019 mendatang, " Katanya.

Dengan Giro, setidaknya bisa meminimalisir keuangan yang di alokasikam atau didistribusikan menyeleweng. Namun demikian, para Kades tidak perlu khawatir, sebab  walaupun melalui giro akan  sama saja soal pertanggungjawaban dan laporannya, hanya yang membedakam slip pemgambilannya saja. " Gak usah khawatir, soal pertanggungjawaban dan laporan mah sama saja, cuma beda slip pengambilan saja," Katanya.

Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) Majalaya, Adok mengatakan, kaitan peralihan rekening tabungan desa ke Giro, memang sudah ada sosialisasi di DBMPD, namun itu masih baru wacana,soal realisasinya melihat kondisi kedepan." Itu masih wacana, memang sih sudah di sosialisasikan," Ujarnya.

Senada diungkapkan Kades Tempuran Zaenal Romli, Ketua IKD Tempuran ini mengaku belum tahu ada wacana peralihan rekening desa ke Giro, jikapun ada, pihaknya masih belum tahu apa dampak dan perbedaannya jika dana pemerintah yang di transfer ke desa itu melalui giro." Kita belum faham apa perbedaannya, itu kan masih wacana," Pungkasnya.
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan