PELITAKARAWANG.COM-.Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menyebut pemerintah tak membuka rekruitmen CPNS untuk pegawai administrasi pada tahun ini. Sebab, dari sekitar 4,2 juta PNS yang ada, sebanyak 1,6 juta di antaranya telah menempati posisi tersebut.

"Untuk tahun ini kami tidak menerima lagi pegawai administrasi, karena sudah 1,6 juta (pegawai)," kata Tjahjo di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (19/11). 

Tjahjo menjelaskan, dalam seleksi kali ini pemerintah lebih mengutamakan untuk memenuhi posisi yang sesuai dengan keahlian, seperti posisi tenaga perawat, IT, termasuk posisi untuk kalangan disabilitas.

"Nanti mau disisir, karena untuk memenuhi tenaga perawat saja itu nggak cukup tiga tahun, sekarang 10 (diterima) yang pensiun bisa 12, nah kalau dulu yang pensiun 15, diangkat sepuluh, yang lima honorer, numpuk akhirnya," ucapnya. 

Dalam rekruitmen CPNS 2019, sebanyak 152.250 formasi akan dibuka, dengan rincian sebanyak 37.425 formasi di 68 K/L dan 114.825 formasi di 462 pemerintah daerah. 

Selain itu, pemerintah membuka dua jenis formasi yakni formasi umum dan formasi khusus yang meliputi cumlaude, diaspora, disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat, dan lainnya yang bersifat strategis.(rol).