PELITAKARAWANG.COM-.Para peneliti dari Pusat Penelitian Kimia LIPI melakukan produksi 8000 liter disinfektan di fasilitas Pilot Plant Laboratorium Pusat Penelitian Kimia LIPI di Serpong. Masing-masing 4000 liter untuk kebutuhan dalam dan luar ruangan.
Untuk kebutuhan luar ruang dibuat dengan basis air dan senyawa mengandung disinfektan. Sedangkan untuk dalam ruangan dibuat dengan berbasis etanol dan senyawa disinfektan.Hasil gambar untuk Jangan Cemas, LIPI Produksi Ribuan Liter Disinfektan
Disinfektan ini telah dikirim untuk kebutuhan penyemprotan Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi DKI Jakarta di jalan raya, stasiun MRT, dan fasilitas publik di Jakarta.
Dari relesae kantor LIPI Bandung, Kepala LIPI Laksana Tri Handoko menyebutkan, tidak hanya memproduksi disinfektan, namun LIPI juga akan mengerahkan seluruh sumber daya yang dimilikinya untuk mencegah penyebaran covid 19.
"Semua sumber daya LIPI berupa infrastruktur penelitian dan kepakaran peneliti dari berbagai disiplin ilmu siap dikerahkan untuk membantu upaya pencegahan penyebaran COVID-19," kata Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko.**jl