Breaking News
---

Virus Korona Bisa Rapuh Terkena Detergen


PELITAKARAWANG.COM-.Virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit covid-19 diyakini bisa rapuh jika terkena deterjen.Hal tersebut dinyatakan oleh Juru Bicara Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran covid-19.

 Virus korona bungkusnya sangat rapuh terkena detergen dan kalau pecah maka virusnya akan mati. (Ilustrasi/Pexels)
Upaya pertama yang bisa dilakukan masyarakat ialah melakukan social distance. Setidaknya, kata Yuri, beri jarak sejauh satu meter.Sebab,kemungkinan virus yang penyebarannya dengan cara droplet terjadi dalam kurang lebih dari satu meter. Sehingga, menjaga jarak antar orang bisa menjaga diri, terutama keluarga kita.Usahakan untuk tidur sendiri,sebagai upaya memaksimalkan kesehatan fisik.Kemudian,tidak berbagi alat makan dan minum. 

"Tapi setelah itu dicuci dengan sabun, karena virus ini bungkusnya sangat rapuh terkena detergen dan kalau pecah maka virusnya akan mati. Ini yang penting. Detergen apa pun," ujar Yuri di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

Ia menekankan agar masyarakat memakai alat makan dan minum yang terpisah atau berbeda dengan anggota keluarga lainnya. Namun, bukan berarti alat makan yang sekali pakai lalu dibuang.
Pembersihan terhadap alat makan dan minum tersebut dinilai perlu diterapkan oleh seluruh masyarakat. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk melakukan self monitor terhadap keluhannya. 
"Setelah itu baru dijadwalkan ke rumah sakit, tidak perlu buru-buru, tidak perlu berdesakan untuk datang ke rumah sakit. Sesampai ke rumah sakit tidak langsung dilakukan swab, harus konsultasi, maka dokter yang akan menentukan," pungkasnya.****medcom
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan