Breaking News
---

Dapur Umum Tiap Desa ? Apdesi : Ajak Ngomong Dulu Para Kades

Dapur umum yang di rencanakan Bupati Karawang selama Penerapan PSBB Rabu lusa (6/5), nampaknya belum detail teknisnya diketahu para Kepala Desa. Menyusul, di saat sibuk-sibuknya verifikasi dan garap data-data bansos, mereka di kembali harus menyiapkan dapur umum untuk memproduksi panganan takjil dan sahur yang sasarannya belum jelas. 

"Saran saya ajak ngomong dulu para kepala desa, kita sepakati kriteria penerima dan tindakan antisipatif jika terjadi kebutuhan diluar perkiraan, karena sebatas nasi bungkus juga, bisa "rebutan" Kata Sekretaris APDESI Karawang, Alex Sukardi kepada pelitakarawang.com Minggu (3/5)

Alex menambahkan, dapur umum ini, harus jelas arah dan titik sasarnya, juga kemampuan Pemda mengantisipasi membengkaknya kebutuhan jika tidak jelas klasifikasi penerimanya. Harus seragam seluruh desa dan kelurahan di Karawang, sesuaikan dengan kebutuhan dengan perhitungan besaran jumlah penduduk dengan mengakomodir data DTKS dan Non DTKS juga. "Harus jelas juga ini arah dan titik sasarannya, " sarannya. 

Kades Tegalurung Kecamatan Cilamaya Kulon, Karsim mengatakan, pada dasarnya, dapur umum bagi desa siap-siap saja, selama ada duitnya dan jelas sasarnnya. Urusan mencari relawan, siapa dan dengan apa nanti dapur umum dibentuknya, itu nanti desa yang mencari. 

"Siap-siap saja kita mah, selama ada duitnya, cukup kebutuhan dapurnya dan jelas sasarannya, " Katanya. 

Ketua IKD Kecamatan Tempuran, Zaenal Romli mengatakan, kalau ada rezekinmya, dapur umum dibentuk siap - siap saja bagi desa. Hanya soal anggaran dari mana sejauh ini belum hapal, terlebih sasaran nasi bungkus takjil dan sahur dikhawatirkan memang jadi rebutan. "Geus parebut mah da bingung, piraku di ulah-ulah, " Selorohnya. (Rd)
Baca Juga:
Tutup Iklan