Seekor anak kambing bikin geger warga Sumedang, Jawa Barat. Kambing betina sejak lahir bermata satu. Segelintir warga menyebutnya kambing 'dajjal'.

Anak kambing bermata satu itu lahir pada Senin (23/6), pukul 8.00 WIB. Kondisi fisiknya cacat. Matanya berada tepat di tengah wajah, rahangnya tidak normal dan nihil hidung.

Kambing itu diurus Pipih (60), warga Kampung Burujul, Desa Cigentur, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang. Awalnya ia kaget saat melihat fisik kambing.

Anak kambing ini lahir dari perut induknya yang berkondisi sehat. Namun kambing bermata satu itu berbeda dengan saudaranya yang lahir dalam keadaan normal.

"Satu induk lahir dua ekor. Kambing pertama matanya satu, yang kedua normal," ucap Pipih, Selasa (23/6/2020).

Saat ini, kata Pipih, anak kambing bermata satu tidak mendapat asupan makanan atau susu. Sebab kondisi rahangnya yang tidak normal mengakibatkan si kambing kesulitan untuk mendapatkan air susu dari induknya.

Agar kondisi kambing tetap sehat, pipih memberikan susu formula. "Nyusu juga pake dot, cuma bisa diteteskan saja. Mulutnya kecil kayak kucing" tutur Pipih.

Sejak anak kambing bermata satu ini lahir dan fotonya tersebar di Facebook, lokasi kandang di kampung tersebut mendadak ramai disambangi warga yang penasaran ingin melihat. Mereka membawa kamera ponsel untuk memotret kambing 'unik' tersebut.

"Orang bilang itu katanya kambing 'dajjal'. Ya kalau saya berpendapat itu hanya keanehan saja," ucap Yeyeh (56), warga setempat.

Dalam sejumlah literatur, dajjal disebut sebagai makhluk bermata satu. Cerita tentang dajjal ini yang mungkin membuat warga kemudian menyematkannya pada kambing bermata satu.**dtk