Breaking News
---

MenPAN-RB bakal Penuhi Kebutuhan 700 Ribu Guru

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, mengatakan, saat ini pemerintah menyiapkan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk memenuhi kebutuhan 700 ribu guru di Indonesia.

Tjahjo Kumolo

Skema PPPK untuk kebutuhan guru ini sedang dipersiapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ”Setidaknya saat ini diperlukan 700 ribu guru yang sedang disiapkan Kemendibud melalui skema pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK),” ujar Tjahjo, Senin (3/8).

Tjahjo menyampaikan itu lantaran ada wacana yang menyebutkan PNS tenaga administrasi akan dialihkan menjadi tenaga pendidik di daerah yang masih kekurangan guru. Menurutnya, memang ada 1,6 juta PNS tenaga administrasi yang tersebar di kementerian, lembaga dan pemerintah daerah. Dalam posisi saat ini tenaga administrasi kerap mengisi kekosongan tenaga yang masih kurang di daerah pedesaan,demikian tulis Metropolitan.

Namun PNS tenaga administrasi itu akan terlebih dulu ditingkatkan kapasitasnya untuk tenaga teknis, seperti penyuluh pertanian, penggerak di pedesaan maupun penyuluh KB.

”Tenaga administrasi yang potensial dan memiliki kemampuan spesifik bisa mengisi tenaga teknis yang masih sangat diperlukan, seperti tenaga teknis di bidang pertanian, penyuluh/penggerak di pedesaan, penyuluh KB dan lainnya,” ujar Tjahjo.

Meski begitu, jika kebutuhan guru di daerah tidak terisi dari skema PPPK yang diajukan kemendikbud, pemerintah mengembalikan kepada pemerintah daerah setempat untuk mengalihkan tenaga administrasi. ”Sepanjang belum terisi dari kemendikbud saya kira terserah pemda setempat/dinas pendidikan setempat, (namun, red) mendiknas sudah mempunyai aturannya,” katanya.****

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan