Pemerintah Desa Sarijaya Kecamatan Majalaya, memastikan diri menuntaskan program Rumah Layak Huni (Rulahu) tahun 2021. Terang saja, selain mendapati program reguler dari Pemkab 4 unit satu desa setiap tahun, Desa paling Utara Kecamatan Majalaya ini sudah diguyur program Rulahu 25 Unit tahun 2020 ini. Bahkan, program renovasi rumah dari bantuan DPR RI Fraksi PKS itu, juga akan ditambah 50 unit lagi di tahun ini setelah mendapati relokasi dari Bogor yang sebelumnya tidak menyanggupi menerima anggaran Rp17 jutaan perunit tersebut. 


Kades Sarijaya Enin Sutisna alias Lurah Adok mengatakan, menunggu lama program reguler dari Pemkab, justru guyuran program rulahu dari DPR RI lebih dulu turun dan menuntaskan 25 unit di desanya. Anggaran yang di fasilitasi Anggota DPR RI Ahmad Syaikhu itu, menyasar masyarakat yang benar-benar membutuhkan cepat rumah layak huni bagi masyarakat yang kebetulan materialnya sudah terancam ambruk. Wal hasil, anggaran yang tidak beda jauh dari Program Atap Lantai Dinding (Aladin) ini, bisa cepat terselesaikan dalam waktu 7 hari per 1 unit. Sehingga, masyarakat yang tadinya tinggal di rumah dengan berdindingkan bilik bambu dan atau material yang sudah lapuk, bisa menikmati rumah kokoh dengan anggaran yang transparan dan ditransfer langsung kepada penerima manfaat. "Alhamdulillah, di luar Musrenbang dan reguler, kita dibantu setelah mengajukan ke DPR RI, banyaknya 25 unit dan hampir rampung semua, " Katanya. 

Lurah Adok menambahkan, setelah tuntas 25 unit, pemerintah Desa Sarijaya dianggap sukses dan kembali dipercaya untuk mendapatkan program tambahan lagi sebanyak 50 unit masih di tahun ini. Kabarnya, program ini sempat di tolak di Bogor dan di relokasi kan lagi ke Sarijaya, sehingga sebutnya total yang tuntas di garap rulahu oleh DPR RI yang di dampingi Fasilitator Kabupaten dan PRKP ini, menjadi 75 unit. "Insya Allah, kalau semuanya tuntas kita rencanakan gelar syukuran, karena masyarakat ikut senang mendapati rumah layak huni, dengan anggaran Rp17 juta. Dan saya yakin, di tahun 2021, rulahu di Sarijaya tuntas, " Pungkasnya. (Rd)