Notification

×


Iklan

Bentengi Aspirasi Petani, Sri Tani Bangkit Lahir di Desa Sukajaya

Thursday, September 17, 2020 | 14:33 WIB Last Updated 2020-09-17T07:35:54Z
Puluhan tokoh tani di Dusun Sambirata, Lobang dan Pasir Putih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, berkumpul Rabu petang (16/9). Mereka, menghimpun dengan membuat perkumpulan petani Desa Sukajaya yang di namai "Sri Tani Bangkit". Deklarasi ini, sebagai tindaklanjut kesanggupan DPR RI Daan Mustopa untuk membentuk legalitas dan memfasilitasinya sampai ke Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) sebagai wahana silaturahmi dan serapan aspirasi para petani di pesisir Karawang tersebut. 

Anas Nasuha, Juru bicara komunitas Sri Tani Bangkit Sukajaya mengatakan, Perkumpulan ini telah di kukuhkan oleh Notaris dan legalitas dari Kemenkumham atas bantuan sepenuhnya Kang Saan Anggota DPR RI.

Perkumpulan Petani ini, berdiri berawal dari silaturahmi ke Pisangsambo saat Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat itu, melakukan kunjungan Reses di Dusun Sambirata. Atas usulan para Petani itu kemudian Dewan menjanjikan pengurusan Perkumpulan itu sampai Kemenkumham. Wal hasil, saat ini sudah resmi hadir di tengah masyarakat tani Desa Sukajaya. "ini merupakan tindak lanjut dari reses DPRD, Alhamdulillah sudah terwujud perkumpulan petani ini dengan legalitas yang sampai Kementrian, " Ujarnya.

Penyusunan AD/ART Sri Tani Bangkit Sukajaya dan Serah Terima Izin Kemenkumham

Perkumpulan ini, sambung Anas, bertujuan selain sebagai ajang silaturahmi juga untuk menampung aspirasi dan keluhan-keluhan para Petani Sukajaya terbarukan, baik persoalan pengairan sawah di Golongan Hilir, Kelangkaan Urea bersubsidi maupun harapan terguyurnya program-program 
pertanian seperti bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan), Asuransi pertanian, Kartu Tani, menyikapi kelangkaan pupuk dan urea hingga sarana fisik pertanian.
Kedepan ia berharap ada semacam Bank Desa khusus Petani yang memfasilitasi kebutuhan para petani, " Semoga dengan hadirnya perkumpulan ini, jadi wahana silaturahmi dan tukar pikiran untuk kemajuan pertanian di Desa Sukajaya, " Ujarnya. (Rd)

Berikut Nama Deklarator Sri Tani Bangkit Desa Sukajaya ; 

* H.  Endih
* H.  Cargan
* H.  Nanci
* H Tarmedi
* H.  Kalis
* H.  Umar
* Bpk Darso
* Bpk Aripin
P* Bpk Humaidi
×
Berita Terbaru Update