Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia membuat perekonomian Tanah Air berjalan turun dan bakal masuk ke jurang resesi pada kuartal III-2020. Salah satu dampaknya pun terjadi gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan di berbagai daerah.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani memprediksi, jumlah pekerja yang terkena PHK di masa resesi nanti bakal mencapai 5 juta orang. Kondisi itu terjadi, bila pemerintah tak bisa memulihkan perekonomian hingga Desember 2020 mendatang.

PHK

"Kalau berkepanjangan terus sampai Desember diperkirakan mencapai 5 juta pengangguran baru," kata Rosan saat dihubungi, Kamis (1/10/2020).

Dia berharap pemerintah fokus melakukan penanganan Covid-19. Karena, penyebab utama perekonomian tak tumbuh karena angka wabah itu setiap harinya terus mengalami kenaikan.

"Kasus Covid-19 harus diusahakan semaksimal mungkin untuk turun, karena itu penyebab utamanya. Sehingga paling tidak dunia usaha dan UMKM bisa bertahan," ujarnya.

Menurut dia, bila pemerintah mampu menurunkan jumlah penderita virus corona secara signifikan pada Oktober dan November, maka buka tak mungkin pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV-2020 bakal positif.***