Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Trainer Hidroponik Ajak Petani Milenial Jadikan Pekarangan Pundi Rupiah

Redaksi
Monday, October 12, 2020, 15:04 WIB Last Updated 2020-10-12T08:04:38Z
 "Bela Karawang, Beli Karawang" adalah kalimat ajakan dari seorang trainer Hidroponik Ajud Tajarudin S.P disetiap pembinaan dan pelatihan kepada kaum tani. Koordinator Penyuluh Kecamatan Telagasari ini, kembali menyerukan agar masyarakat desa "gemar" cocok tanam di lingkungan desa dan untuk di manfaatkan untuk masyarakat desanya. 

Trainer Hidroponik Ajak Petani Milenial Jadikan Pekarangan Pundi Rupiah

"Kita terima sayuran dari Subang, Bekasi, Purwakarta dan Bandung. Jadi kalau mau Bela Karawang, ya Beli sayur dari Karawang. Caranya, ya ayo jadikan pekarangan rumah kita sebagai potensi pundi-pundi rupiah, " Ajaknya di sela-sela memberikan materi kupas tuntas Hidroponik di Taruna Tani Amanah Desa Pasirtanjung Kecamatan Lemahabang, Senin (12/10).


Bercocok tanam di pekarangan itu, sambungnya, kalau tidak di konsumsi sendiri, bisa di sedekahkan dan bisa juga untuk di jual. Mari, ajaknya, petakan potensi sayuran apa di desa dan lingkungan masing-masing, kemudian garap dan kerjakan. Bisa tanam holtikultura maupun bisa dengan metode tanam hidroponik. Kemudian soal akses pasar, sarannya tidak usah jauh-jauh keluar desa, tapi drop kebutuhan tukang sayuran di desa dan untuk masyarakat desa. "Bikin kelembagaan pemasaran yang kuat untuk sayuran di desa. Jangan biarkan "bulir" nasi berceceran, biar kuat kenapa tidak dibikin rengginang yang menyatukan bulir - bulir kecil itu jadi utuh, " Katanya mengibaratkan. 

Aktivis Lingkungan Hidup, Endang Sampah mengatakan, siapapun yang memiliki kemauan untuk maju dan mengembangkan potensi lingkungannya, akan mudah untuk mewujudkannya. Salah satunya adalah pembiasaan bercocok tanam di pekarangan rumah. Ia melihat, antusiasme masyarakat Pasirtanjung, termasuk para pemudanya cukup tinggi mengembangkan taman holkikultura di lingkungan Mesjid, Musala maupun pekarangan rumahnya. Maka kedepan, harus di dorong untuk pengembangan tempat di program tanaman pekarangan pangan lestari. "Kita dorong bantuan benih tanaman obat, palawija, sayuran hingga polyback, mereka begitu tertarik dan antusias, maka lahirnya Taruna Tani di Pasirtanjung itu, berangkat dari hal ini, " Katanya..(red)
Komentar

Tampilkan

  • Trainer Hidroponik Ajak Petani Milenial Jadikan Pekarangan Pundi Rupiah
  • 0

Terkini