Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Desa Pancakarya Tuntaskan Riksus AMJ, Kades Jilun : Pertanggungjawaban Kita Lengkap !

Wednesday, November 04, 2020 | 12:57 WIB Last Updated 2020-11-04T05:57:14Z
Desa Pancakarya Kecamatan Tempuran, menjadi satu dari 177 desa yang digarap pemeriksaan khusus (riksus) Inspektorat Karawang, Senin kemarin (2/11). Pemeriksaan menyeluruh berkenaan dengan pengelolaan Dana Desa, Bantuan Gubernur, ADD hingga DBH PDRD dan aset desa di Akhir Masa Jabatan (AMJ) tersebut, di target Kades setempat sempurna dengan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang minim temuan. 


"Setiap tahun kami diperiksa reguler inspektorat, Alhamdulillah LHP selalu 100 persen, artinya semua pegawai desa dan dirinya sudah sangat matang juga dalam menghadapi pemeriksaan khusus AMJ kemarin yang sampelnya diambil 3 tahun kebelakang. Hasilnya, Inspektorat nanti yang berkesimpulan, tetapi kalau target kami optimis minim temuan, " Kata Atta Sutisna Jilun Kades Pancakarya kepada pelitakarawang.com, Rabu (4/11). 

Jilun menambahkan, pihaknya bersinergi bersama BPD, LPM maupun pengurus Bumdes dalam menata setiap berkas tahunan. Dengan maupun tanpa pemeriksaan, sebut Jilun, laporan dan pertanggungjawaban pemerintahan desa tetap di jalankan optimal, baik berita acara, bukti transaksi hingga tranparansi aset dan keuangan. Itu, sudah di lampirkan sebagai bahan pemeriksaan Inspektorat, sehingga anggaran yang bersumber dari Pusat dan daerah, ada berita acaranya, termasuk penyertaan modal dari Dana Desa untuk Bundes setiap tahunnya. Selebihnya, hanya inspektorat yang berhak menyimpulkan. "Dengan maupun tanpa ada pemeriksaan inspektorat, penataan laporan pertanggungjawaban pemerintahan desa, berjalan normal setiap tahun lewat sinergitas bersama BPD, LPM dan semua perangkat desa, " Ujarnya. 

Desa Pancakarya, diakui Jilun selama empat tahun terakhir menjadi desa paling sedikit mendapatkan nominal Dana Desa setiap tahunnya, bahkan sangat jarang menyentuh angka Rp1 Milyar setiap tahunnya. Namun, karena dianggap rapi administrasi dan pengelolaan maupun tepat penggunaan dan tepat pelaksanaan, baru ditahun ini (2020), Desanya mendapatkan anggaran Dana Desa menyentuh Rp1 Milyar. Hal ini, tentu saja jadi reward dan kepercayaan dari pusat dan kementrian desa terhadap pengelolaan anggaran di desanya. "Kita berharap, kedepan Desa Pancakarya bisa diguyur anggaran lebih besar lagi untuk kemaslahatan masyarakatnya, karena lewat kepercayaan ini, ikut serta memacunya agar bisa lebih baik lagi, " Pungkasnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE
CLOSE