Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo akan mempertimbangkan kembali pembukaan formasi kosong untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2021. Dari data terakhir disebutkan bahwa sebanyak 11.580 formasi CPNS kosong.

“Masih adanya formasi yang kosong pada CPNS tahun 2019 yang pada akhir Oktober 2020 sudah ada ketetapan, prinsipnya dapat dipertimbangkan untuk dialihkan ke formasi tahun 2021,” katanya, Minggu (1/11/2020).

Namun begitu, Tjahjo mengingatkan bahwa untuk seleksi tahun 2021 tetap memperhitungkan kebutuhan masing-masing instansi, sehingga tidak asal membuka formasi.

“Namun demikian, pengalihan ini tetap memperhitungkan kebutuhan nyata dari instansi kementerian/lembaga dan pemda masing-masing,” ujarnya.

Tjahjo menyebut seringkali instansi khususnya pemda menyusun formasi CPNS bukan atas dasar keinginan dan bukan kebutuhan.

“Seringkali kementerian/lembaga khususnya pemda menyusun formasi atas dasar keinginan bukan atas dasar kebutuhan nyata, sehingga terjadi pegawai yang direkrut tidak dapat didayagunakan secara optimal,” pungkasnya.***