Notification

×

Iklan


Iklan

Peringati Hari Guru Nasional 2020, Pengurus Besar PGRI Agendakan Gurulympics, Simak Informasinya

Saturday, November 14, 2020 | 20:24 WIB Last Updated 2020-11-14T13:24:56Z

Peringatan Hari Guru pada 25 November sekaligus menjadi perayaan ulang tahun PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia.

Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 dan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Pada tahun ini, sudah terjadwal rangkaian kegiatan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional yang diagendakan oleh Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PBPGRI).

Salah satu kegiatan awal yaitu Olimpiade Guru (Gurulympics) akan mulai pada 15-21 November 2020, seperti dilansir dari laman resmi PGRI.

Berdasarkan surat Nomor 322/Um/PB/XXII/2020 tanggal 5 Oktober 2020 menindaklanjuti informasi Rakornas PGRI pada 3 November 2020 PBPGRI akan melaksanakan Gurulympics 2020 (Olah Ilmu, Olah Karya, dan Olah Karsa).

Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai ajang unjuk prestasi dan berbagai inovasi guru pada jadwal yang sudah ditetapkan di atas.

Gurulympics merupakan olimpiade untuk guru dan tenaga kependidikan dengan 14 bidang ilmu dan 8 bidang olah karya yang dilombakan secara online.

14 bidang ilmu tersebut meliputi, Cyber Pedagogy, Gamification, Online Evaluation, Problem Based Learning, Collaborative Learning, dan Learning Management System.

Kemudian, ada Flipped Classroom, Guru Millenial, Project Based Learning, Mobile Learning, Virtual Learning, MOOC, Netiquette, dan Cooperative Learning.

8 bidang olah karya meliputi, Bahasa Indonesia dan Sastra, Bahasa Inggris dan Komunikasi, Informatika, PAUD, Sekolah Dasar, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya, Matematika dan IPA, Pendidikan Tinggi dan Globalisasi.

PBPGRI mengundang seluruh guru dan tenaga kependidikan untuk mengikuti kegiatan Gurulympics tersebut.

Pendaftaran para peserta bisa dilakukan melalui cabang provinsi masing-masing wilayah dengan menyampaikan nama, NPA, email aktif, No.Hp (WA aktif), Instansi atau Sekolah, Kabupaten/Kota.

Setiap provinsi/ daerah istimewa diberi peluang pendaftaran peserta dengan maksimum 220 orang guru ata tenaga kependidikan, dengan ketentuan tiap bidang maksimum 10 peserta.

Jadwal kompetisi Gurulympics adalah sebagai berikut:

15 November 2020Jenis Lomba: Cyber Pedagogy dan Gamification (Olah Ilmu), PAUD dan Sekolah Dasar (Olah Karya dan Olah Karsa).

16 November 2020Jenis Lomba: Online Evaluation dan Problem Based Learning (Olah Ilmu), Informatika dan Inovasi (Olah Karya dan Olah Karsa).

17 November 2020Jenis Lomba: Learning Management System dan Flipped Classroom (Olah Ilmu), Pendidikan Tinggi dan Globalisasi (Olah Karya dan Olah Karsa).

18 November 2020Jenis Lomba: Guru Millenial dan Project Based Learning (Olah Ilmu), Matematika dan IPA (Olah Karya dan Olah Karsa).

19 November 2020Jenis Lomba: Collaborative Learning dan Mobile Learning (Olah Ilmu), Bahasa Indonesia dan Sastra (Olah Karya dan Olah Karsa).

20 November 2020Jenis Lomba: Virtual Learning dan MOOC (Olah Ilmu), Bahasa Inggris dan Komunikasi (Olah Karya dan Olah Karsa).

21 November 2020Jenis Lomba: Netiquette dan Cooperative Learning (Olah Ilmu), IPS dan Budaya (Olah Karya dan Olah Karsa).

Itulah serangkaian acara Gurulympics, untuk lebih jelasnya, pembaca bisa mendownload surat edaran terkait Informasi Gurulympics pada link berikut.

Semoga guru-guru bangsa terus berkarya dan mengabdi untuk Indonesia.***

X
X