Breaking News
---

BPOM Jabar - DPR RI Beri Edukasi Kelayakan Obat dan Mamin Bagi Warga Cilamaya Kulon

Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jawa Barat bersama Anggota DPR RI Komisi IX, berikan bantuan paket produk BPOM kepada warga Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Kamis (24/12). Disamping bantuan, badan ini juga memberikan edukasi keamanan makanan dan obat yang layak konsumsi kepada masyarakat di masa Pandemi Covid-19. 

Pejabat BPOM Jabar Bersama DPR RI Komisi IX Saat di Cilamaya Kulon, Karawang

Pejabat BPOM Jawa Barat, Hardaningsih mengatakan, Balai Besar BPOM memiliki tugas pengawasan peredaran makanan dan Minuman hingga obat yang akan di konsumsi masyarakat. Pihaknya, bermitra bersama DPR RI Komisi IX dalam melakukan pemberdayaan masyarakat melalui edukasi keamanan obat, makanan dan minuman di masa pandemi. Baik melalui media sosialisasi dan pemahaman pengetahuan lainnya. Namun, karena ada pandemi Covid-19 dimana larangan berkerumun itu nyata untuk pencegahan penyebaran Covid-19, kegiatan ini di arahkan pada pemberian bantuan kepada masyarakat diberbagai wilayah. Bantuan ini, sebut Harda, diharapkan bermanfaat, utamanya untuk peningkatan daya tahan tubuh masyarakat pesisir Karawang, dimana ia tahu, Kabupaen ini sedang darurat Covid-19. "Kita bermitra bersama DPR RI Komisi IX ini, biasanya Ki berikan edukasi dan sosialisai mamin dan obat kepada warga, namun karena Pandemi, kegiatan diarahkan lebih pada bantuan, " Katanya, Kamis (24/12).

Sementara itu, Obon Tabroni, Anggota Komisi IX DPR RI mengatakan, Mamin dan obat biasa di chek pihak BPOM agar meminimalisir ancaman kesehatan masyarakat saat edar. Ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, dimana Indonesia sudah 600 ribu lebih warganya terkonfirmasi positif Covid-19, maka pemahaman terkait prokes dan peningkatan daya imunitas tubuh perlu disampaikan kepada masyarakat. Utamanya, di Karawang, Bekasi dan Purwakarta ini yang notabene banyak claster terkonfirmasi, baik industri, pasar hingga birokratnya. "Kita harus patuh protokol kesehatan dan bisa mengkonsumsi makanan dan minuman hingga obat yang sudah tersertifikasi BPOM ini, " Katanya.

Ia berharap, ditengah harga gabah yang rendah di musim panen dan nelayan yang sedang sulit melaut, Covid-19 ini bisa segera pulih. Nanti, sambung Obon, Pemerintah akan terjunkan vaksinasi gratis kepada warga untuk pencegahan virus menyebar lebih banyak. Untuk itu, ia berpesan, agar masyarakat jangan termakan isu-isu hoax terkait vaksin, baik di media sosial maupun informasi dari pihak yang tidak berwenang. Sebab nanti sebelum di mulai vaksinasi, pihak Puskesmas, Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan pasti akan mensosialisasikan kandungan, efek samping hingga kehalalan dan keamanan vaksin tersebut. "Kita sudah 10 bulan melalui Covid-19, sebentar lagi kita akan pulih. Tentunya segala upaya harus selalu kita lakukan," Pesannya..(Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan