Jelang arus mudik Lebaran tahun 2021 ini, Komisi V DPR RI memberi catatan khusus kepada Kementerian Perhubungan agar memperhatikan kembali transportasi mudik dan balik Lebaran. Keamanan, keselamatan, dan kelancaran arus mudik harus jadi fokus utama.

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menyampailan ini saat mempin rapat kerja dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (16/3/2021). Selain harus melakukan koordinasi lintas sektor, Kemenhub juga harus rutin melakukan cek moda transporrasi massal serta sarana transportasinya.

 

“Selain masalah kordinasi lintas sektoral dan persiapan rutin kendaraan darat, pemeriksaan kelaikan sarana transportasi laut, kereta api, dan udara, Komisi V DPR RI juga mencatat beberapa hal yang perlu dicermati antara lain peningkatan aspek keselamatan, keamanan, kelancaran, dan kualitas pelayanan transportasi darat, laut, udara, dan kereta api untuk meminimalisir kecelakaan transportasi," ujar Lasarus.

 

Ditambahkan legislator F-PDI Perjuangan itu, yang harus juga diperhatikan Kemenhub jelang arus mudik adalah perencanaan dan pembangunan yang mengedepankan konektivitas transportasi nasional dalam mendukung sistem logistik yang terintegrasi dengan jaringan transportasi darat, laut, dan udara.

 

Keluhan para penumpang masih terlalu banyak ditemukan, baik di terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan, dan bandara saat mengakses moda transporrasi mudik. Umumnya, lanjut Lasarus, pelayanan bagi para penumpang yang tidak maksimal. Kemenhub harus memperbanyak informasi dan edukasi pada semua simpul transportasi massal**Ts