Formasi CPNS 2021 Untuk Lulusan SMA, Info Syarat Pendaftaran Cara Daftar & Link Pendaftaran CPNS

Formasi CPNS 2021 untuk SMA selalu berhasil memperoleh jumlah pelamar yang terbanyak dalam setiap tahun.

Seleksi pendaftaran CPNS 2021 yang selalu berlangsung ketat dan pergelarannya cukup langka ternyata masih memberikan peluang untuk lulusan SMA.

Dari rangkaian seleksi CPNS 2021 yang rencananya akan digelar pada bulan April 2021.

Dilansir dari laman sscnbkn.win, menjelang tes CPNS 2021 lulusan SMA ada beberapa hal yang harus diketahui dan dipersiapkan sebab untuk bisa masuk menjadi pelamar dalam bukaan CPNS 2021 lulusan SMA, hal wajib yang harus dipenuhi adalah beberapa syarat pendaftaran CPNS 2021 bagi pelamar, salah satunya bahwa calon pelamar minimal berpendidikan terakhir lulusan SMA.

Sebenarnya tentang kapan pelaksanaan CPNS tahun 2021 sudah pernah disampaikan oleh Kemenpan RB pada beberapa waktu lalu.

Hal ini disampaikan bersamaan ketika Menpan RB Thahjo Kumolo meresmikan MPP atau Mall Pelayanan Publik Tulang Bawang pada 04 November 2020 lalu.

“Sekitar bulan April akan kita buka (rekrutmen CPNS tahun 2021),” kata Menpan-RB.

Selanjutnya ketika ditanya mengenai formasi apa saja yang bakal dibuka di CPNS 2021, ia belum bisa menjawab.

Alasannya adalah masih di koordinasikan ke Pemerintah daerah mengingat masih banyak formasi yang kosong pada seleksi CPNS 2019 lalu.

Lebih lanjut juga dijelaskan bahwa penerimaan CPNS 2021 tidak hanya asal menerima pegawai melainkan harus lebih ketat dalam menentukan formasi yang benar-benar dibutuhkan.

Disisi lain perekrutan CPNS 2021 juga harus mempertimbangkan anggaran yang diberikan oleh Menteri Keuangan untuk melaksanakan hajat tahunan ini.

Jika berpedoman pada seleksi CPNS sebelumnya maka untuk CPNS tahun 2021 tampaknya tak jauh beda dengan juga ada lowongan bagi lulusan SMA sebagai syarat bagi pelamar.

Ya tidak hanya sarjana yang bisa menjadi PNS, bagi lulusan SMA pun bisa juga loh.

Ini formasi pendaftaran CPNS tahun 2021 khusus lulusan SMA.

1. CPNS Kemenkumham 2021

Kementerian Hukum dan HAM ( Kemenkumham ) yang membuka lowongan CPNS terbesar di periode bukaan CPNS sebelumnya dengan syarat peserta yaitu lulusn SMA sederajat termasuk SMK. Cek Formasi CPNS Kemenkumham 2021.

Menurut data Kemenkumham di tahun 2019 ada 3.532 formasi khusus lulusan SMA sederajat atau lulusan SMA/SMK/MA.

Rinciannya adalah jumlah formasi 2.875 diperuntukkan pemegang ijazah SMA sederajat dengan jabatan penjaga tahanan atau sipir, dengan total formasi yang dibuka yakni 101 putra/putri Papua dan Papua Barat dan 2.774 untuk formasi umum.

Selain itu, Kemenkumham memberikan kesempatan penerimaan CPNS tersebut sebanyak 2.774 formasi umum yang terdiri dari 2.497 pria dan 277 wanita.

Adapun 2.875 formasi itu terbagi di 33 kantor wilayah.

Lowongan lainnya untuk lulusan SMA ini adalah jabatan pemeriksa keimigrasian pelaksana/pemula yang disediakan Kemenkumham sebanyak 657 formasi yakni 9 formasi khusus Papua dan Papua Barat dan 588 formasi umum.

Informasi resmi lengkap hanya di link Kemenkumham https://cpns.kemenkumham.go.id.

2. CPNS Kejaksaan Agung 2021

Pada urutan kedua ada Kejaksaan Agung Republik Indonesia yang juga membuka lowongan bagi lulusan SMA sederajat dalam penerimaan CPNS di periode sebelumnya.

Kejaksaan Agung total lowongan ada 2.000 formasi seleksi CPNS 2019 untuk lulusan SMA sederajat.

Hal itu sesuai dengan pengumuman nomor PENG – 01 /C/Cp.2/11/2019 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kejaksaan Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019.

2 jabatan dalam formasi CPNS tersebut adalah pengawal tahanan atau pengawal narapidana dan pengemudi tahanan.

Pengawal tahanan atau pengawal narapidana sebanyak 1.000 formasi sedangkan pengemudi tahanan juga sama, 1.000 formasi.

Untuk pengawal tahanan atau pengawal narapidana, dibutuhkan formasi putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi.

Sementara sisanya sekitar 988 orang, dialokasikan untuk umum.

Sama seperti pengawal tahanan atau pengawal narapidana, kuota pengemudi tahanan juga dibagi dalam 2 jenis formasi, yakni putra-putri Papua sebanyak 2 orang dari 1.000 formasi dan 988 orang dialokasikan untuk umum.

Lihat Formasi CPNS Kejakasaan Agung 2021 Lulusan SMA

Informasi resmi lengkap cek https://rekrutmen.kejaksaan.go.id.

3. CPNS Kementerian LHK 2021

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK ) juga memberikan jatah bagi para lulusan SMK.

Hal tersebut sesuai dengan pengumuman yang dikeluarkan oleh KLHK Nomor: PG.1/SETJEN/ROPEG/Peg.O/11/2019.

Total terdapat 80 formasi yang dibuka KLHK melalui jalur SMK. Dari 80 formasi tersebut, hanya diperuntukkan pada jabatan pelaksana pemula/pemula polisi kehutanan.

Informasi lengkap resmi pada https://ropeg.menlhk.go.id.

4. CPNS Kementan 2021

Pendaftaran CPNS jalur SMK selanjutnya Kementerian Pertanian ( Kementan ).

Kementerian Pertanian pada waktu tersebut ada 45 formasi yang dibuka.

Hal itu sesuai dengan pengumuman Nomor: 4456/KP.110 /A/09/2019 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pertanian Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019.

Pembagian jabatannya antara lain pelaksana pemula/pemula-paramedik karantina hewan, 26 kursi; pelaksana pemula/pemula-paramedik veteriner, 9 kursi; pelaksana pemula/pemula-pengawas benih tanaman, 2 kursi; pelaksana pemula/pemula-pengawas mutu pakan, 5 kursi; pemelihara kebun, 2 kursi; dan pelaksana pemula/pemula-pengendali organisme pengganggu tumbuhan, 1 kursi.

Informasi lengkapnya ada di https://cpns.pertanian.go.id.

5. CPNS Kemendikbud 2021

Lalu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud ) juga turut membuka seleksi CPNS 2019 untuk jalur SMA/SMK.

Keputusan resmi penerimaan CPNS periode sebelumnya dimuat di Kemendikbud No: 126533/A.A3/KP/2019 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019.

Total terdapat 11 formasi yang terbagi atas 3 jabatan, yakni pengadministrasi keuangan sebanyak 3 formasi; teknisi laboratorium, 2 formasi; dan teknisi pemetaan dan penggambaran, 6 formasi.

Informasi lengkap cek di https://cpns.kemdikbud.go.id.

6. CPNS BIN 2021

Badan Intelijen Negara ( BIN ) merima 200 lulusan SMA atau sederajat menjadi CPNS untuk mengisi posisi pranata komputer pelaksana pemula pada Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional, Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.

Informasi selanjutnya adalah Kapan tanggal pendaftaran sscn 2021?

Perlu diketahui bahwa SSCN adalah Sistem Seleksi CPNS Nasional, jadi jalur penerimaan CPNS dilakukan melalui satu pintu yakni portal SSCN BKN.

Info Update CPNS 2021 cek di https://www.sscnbkn.win/, Telah dibuka CPNS 2021 Pertama yakni CPNS 2021 Jalur Sekolah Kedinasan mulai 9 April 2021 - 30 April 2021, cek informasinya di Daftar Dikdin BKN 2021/2022.

Syarat Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA

Sebagai calon pelamar ada baiknya kita mempersiapkan diri sedini mungkin, dari jauh-jauh hari karena persiapan yang baik akan berpengaruh pada proses pendaftaran nantinya.

Salah satu yang dipersiapkan misalnya syarat apa saja yang diperlukan dalam mengikuti pendaftaran online CPNS 2021 termasuk pendaftaran CPNS 2021 untuk Lulusan SMA.

Berikut persyaratan yang perlu kamu ketahui sebelum mengikuti pendaftaran CPNS 2021, antara lain :

Harus cukup umur, Minimal usia 18 tahun dan tidak lebih dari 35 tahun

Track Record bagus yaitu Tak pernah diberhentikan baik secara hormat maupun tidak hormat sebagai pegawai negeri sipil, TNI, dan Polisi.

Belum berstatus sebagai CPNS, PNS, TNI, atau anggota Kepolisian Republik Indonesia

Belum pernah dipenjara atau terkena hukuman pidana.

Wajib sehat jasmani dan rohani

Memiliki ijazah minimal SMA/Sederajat (khusus formasi Lulusan SMA)Tidak berpolitik ataupun anggota partai politik.

Bersedia ditempatkan dimana saja sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Cara Daftar CPNS 2021 Lulusan SMA

Bagaimana cara mendaftar CPNS khusus lulusan SMA tahun 2021?

Secara umum baik lulusan sarjana maupun SMA cara mendaftarnya tetap sama, perbedaan hanya pada kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan sebagai syarat pendaftaran.

Secara singkat cara daftarnya meliputi :

Pembuatan Akun SSCASN BKN 2021.

Pengisian Formulir Registrasi.

Upload Scan Dokumen persyaratan.

Cetak kartu informasi pendaftaran.

Secara lengkap informasi mengenai cara daftar ini sudah dijelasakan pada Cara Daftar CPNS

2021.

Link Pendaftaran CPNS 2021

Bagi kamu yang belum pernah mendaftar seleksi CPNS mungkin saja kebingungan dalam mencari link resmi pendaftaran CPNS 2021, oleh karena itu perlu diingat bahwa ada 2 link pendaftaran yang perlu kita akses untuk mendaftar CPNS 2021.

Link pertama merupakan link induk yakni milik BKN dengan alamatnya di SSCN.bkn.go.id.

Pada link ini kita diharuskan membuat akun menggunakan email aktif bagi pengguna baru yang sebelumnya belum pernah mengikuti seleksi tes CPNS. Namun bagi yang telah memiliki akun tinggal login menggunakan akun yang pernah dibuat.

Link kedua adalah link resmi instansi tempat penyelenggaraan tes CPNS, misalkan untuk formasi lulusan SMA yang dibuka oleh beberapa instansi antara lain :

Kemenkumham, Link pendaftarannya di cpns.kemenkumham.go.id

Kejaksaan Agung, Link pendaftaran rekrutmen.kejaksaan.go.id

Kementerian LHK, Link pendaftaran ropeg.menlhk.go.id

Kementan, Link pendaftaran cpns.pertanian.go.id

Kemendikbud, Link pendaftarannya di cpns.kemdikbud.go.id

BIN , Link pendaftaran di www.bin.go.id

CPNS 2021 Kapan Dibuka

Untuk saat ini jawaban mengenai kapan pendaftaran CPNS 2021 mulai resmi dibuka, belum terjawab.

Silahkan sabar menanti dan rutin akses link resmi pendaftaran CPNS 2021 secara berkala. Informasi terbaru bukaan diperkirakan pada April-Mei 2021. (*)

Post a comment

Berita Sebelumnya Berita Selanjutnya
×
Berita Terbaru Update
X
X