Wamenkes Dorong Saka Bakti Husada Tingkatkan Peran Dalam Pencegahan dan Pengendalian Pandemi COVID-19

Kementerian Kesehatan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Saka Bakti Husada (SBH) ke 36 secara virtual pada Kamis kemarin, (29/7). Kegiatan ini diikuti pimpinan Saka Bakti Husada daerah dan anggota Saka Bakti Husada di seluruh Indonesia. 

Sekretaris Jendral Kementerian Kesehatan Oscar Primadi yang juga Ketua Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional melaporkan bahwa peringatan Saka Bakti Husada merupakan momentum penting untuk mewujudkan para kader kesehatan yang lebih inovatif dan kreatif dalam membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di kehidupan sehari-hari, sehingga kehadirannya bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Peran yang diberikan Saka Bakti Husada telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan meningkatkan citra Gerakan Pramuka dengan menjadi pelopor hidup bersih dan sehat hingga menjadi kader penggerak pembangunan kesehatan yang membantu percepatan pencapaian cakupan upaya kesehatan,” kata Sekjen Oscar. 

Dengan semangat untuk terus menjadi agen pembangunan kesehatan, tahun ini peringatan Hari Saka Bakti Husada ke-36 mengangkat tema “Saka Bakti Husada Berbakti Tanpa Henti dalam Adaptasi Kebiasaan Baru”. 

Melalui tema tersebut, Oscar menegaskan bahwa Saka Bakti Husada memiliki peran yang sangat strategis dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dalam rangka mencegah dan mengendalikan pandemi COVID-19, mendukung gerakan vaksinasi COVID-19 serta persiapan masa adaptasi kebiasaan baru. 

“Saya mengharapkan setiap kepengurusan mulai dari tingkat pusat, tingkat daerah, tingkat cabang serta pangkalan Saka Bakti Husada dapat melakukan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Saka Bakti Husada ke-36 ini. Tentunya dengan melibatkan masyarakat terutama kaum muda yang tergabung dalam gerakan pramuka maupun remaja lainnya sesuai kondisi dan situasi setempat, dan harus menerapkan protokol kesehatan ketat saat adaptasi kebiasaan baru ini,” terangnya. 

Senada dengan Sekjen Oscar, Wakil Menteri Kesehatan sekaligus Wakil Ketua Majelis Pembimbing Saka Bakti Husada Dante Saksono Harbuwono menyampaikan bahwa Saka Bakti Husada memiliki peran yang sangat penting dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. 

“Pada kondisi seperti sekarang ini, peran Saka Bakti Husada sangat penting untuk dapat menjadi contoh, penyambung informasi, edukator dan pendamping di masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19,” imbuhnya.

Tak berhenti sampai disitu, kedepan Wamenkes Dante berharap kedepan optimalisasi pembinaan dan pengembangan Saka Bakti Husada dilakukan secara terus menerus dan terintegrasi dengan melibatkan banyak pihak.

“Melalui krida-krida serta kecakapan dalam Saka Bakti Husada diharapkan dapat menjadi bekal ketrampilan anggota Saka Bakti Husada dalam melakukan peran serta dalam masyarakat di bidang kesehatan,” katanya. 

Pihaknya menekankan bahwa pandemi COVID-19 belum berakhir. Masyarakat kembali diingatkan untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M disetiap aktivitasnya serta segera melakukan vaksinasi COVID-19 untuk memberikan perlindungan yang optimal. 

Mengakhiri sambutannya, Wamenkes mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Saka Bakti Husada atas kinerja dan peran sertanya dalam pembangunan kesehatan di Tanah Air. Ia berharap Saka Bakti Husada dapat terus berkarya, berperan dan berbakti untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.
 
“Dirgahayu Saka Bakti Husada ke-36, terus berkarya mendorong masyarakat sehat dan negara kuat. Satu Pramuka untuk Satu Indonesia,” pungkasnya.***ts

0 Komentar

X
X