Kemendikbudristek Umumkan Pemenang Ajang Kreasi Siswa Berkebutuhan Khusus 2021

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) mengumumkan para pemenang Ajang Kreasi dan Apresiasi bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) 2021 yang diselenggarakan sejak 20 Juni 2021 secara dalam jaringan (daring).

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi pada pengumuman para pemenang AKA-PDBK tahun 2021 di Jakarta, Sabtu (28/8) mengatakan, ajang ini memberikan wadah bagi peserta didik berkebutuhan khusus untuk mengaktualisasikan talenta-talentanya dalam melejitkan prestasi.

“Prestasi besar bisa dicapai semua dengan tidak mengenal keterbatasan fisik maupun memiliki fisik yang normal, dengan syarat punya tekad kuat, niat tulus dan latihan secara terus- menerus. Tanpa tekad yang kuat, cita-cita yang besar hanya akan tetap menjadi mimpi,” ujar Asep Sukmayadi, seperti dikutip dalam rilis Kemendikbudristek di Jakarta, Minggu (29/8/2021).

Selain sebagai wadah dalam melejitkan prestasi, Asep Sukmayadi berharap AKA-PDBK dapat menanamkan karakter kepada peserta didik berkebutuhan khusus, seperti karakter percaya diri, jujur, dan tidak mudah menyerah. “Karakter positif yang kuat dari peserta didik ini tentu akan melahirkan optimisme untuk menjalani kehidupan walaupun dengan keterbatasan,” ucap Asep Sukmayadi.

Untuk itu, lanjut Asep Sukmayadi, modal utama dalam mewujudkan mimpi adalah harus memotivasi diri sendiri di saat dalam kondisi apapun dan tidak mudah menyerah. “Yang penting kita giat berlatih dan berlatih. Keterbasan bukanlah halangan untuk mengukir prestasi. Keterbasan seharusnya menjadi peneyemangat bahwa kita mampu untuk memberikan yang terbaik bagi keluarga, negara dan bangsa,” ujarnya.

Di tengah pandemi COVID-19, tidak menghalangi para peserta AKA-PDBK untuk berprestasi. Tahun ini, sebanyak 654 peserta telah mengirimkan hasil karyanya. Mereka ini adalah peserta didik pada satuan pendidikan khusus jenjang SDLB/SMPLB/SMALB dan satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif jenjang SD/SMP/SMA/SMK/Pendidikan Masyarakat/Program Paket yang sederajat.

Sementara itu, pada AKA-PDBK 2021 terdapat enam ragam ajang kreasi yang dikompetisikan, yaitu ajang kreasi desain karakter dan animasi untuk peserta didik putra/putri dengan jenis kekhususan tunarungu, tunadaksa, autis, atau cerebral palsy; ajang kreasi ukir kayu untuk peserta didik putra/putri dengan jenis kekhususan tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, dan autis.

Selanjutnya, ada ajang kreasi menulis cerpen untuk peserta didik putra/putri dengan jenis kekhususan tunanetra/tunarungu; ajang kreasi mewarnai untuk peserta didik putra/putri dengan jenis kekhususan cerebral palsy dan down syndrome; ajang kreasi vlog untuk peserta didik putra/putri dengan jenis kekhususan tunagrahita, tunadaksa, dan autis; serta ajang kreasi Pencak Silat untuk peserta didik putra/putri dengan jenis kekhususan tunarungu, tunagrahita, dan autis.

Sebelum menutup acara AKA-PDBK 2021, Asep Sukmayadi mengapresiasi kepada seluruh peserta baik yang keluar sebagai juara maupun yang belum juara. Menurutnya, masih banyak kesempatan untuk berprestasi dan kompetisi ini tidak hanya mengejar juara tetapi karakter semangat untuk jujur dan tetap berprestasi.

“Selamat kepada seluruh peserta bagi yang mendapatkan juara maupun yang belum juara. Bagi yang belum juara jangan menyerah, masih banyak kesempatan, tetap tekun, terus berlatih dan semangat untuk berprestasi,” ujar Asep Sukmayadi.

Ada pun juara pertama untuk ajang kreasi karakter dan animasi diraih oleh Septiani Nur ikhwati dari SMAN 2 Kebumen, juara kedua diraih oleh Berlyn Sycilia Raidea dari SLB Negeri Bagian B Garut, dan juara ketiga diraih oleh Galuh Adi Nurohmah dari SLB Negeri Banjarnegara. Sementara itu, juara harapan I s.d. III masing-masing diraih oleh Mustaqim Ilham Khoiri dari SLB Negeri Surakarta, Rijal Fadli dari SLB Negeri Mandiraja Jawa Tengah, dan Naufal Fahmi dari SLB Negeri Jepara.

Selanjutnya, juara pertama untuk ajang kreasi ukir kayu diraih oleh Adimas Teguh Prastowo dari SLB Negeri Jepara, juara kedua diraih oleh Tifar Arya Pratama dari SLB Negeri Boyolali, juara ketiga diraih oleh Arya Bubun Hasbullah dari SLB Negeri Ciamis. Untuk juara harapan I s.d. III masing-masing diraih oleh Mardiansyah Arfi dari SLB Negeri Tasikmalaya, Dian Ramdani dari SLB YKSB Cijeungjing, dan Alfi Zikri dari SLB Negeri 2 Lombok Barat.

Untuk ajang kreasi menulis cerpen, juara pertama diraih oleh Devi Sri Utami dari SLB A Beringin Bhakti Jawa Barat, juara kedua diraih oleh Zaskia Devita Putri dari SLB Negeri 1 Gunung Kidul, dan juara ketiga diraih oleh Ade Rafa Prayogo dari SLB Negeri Semarang. Sementara itu, juara harapan I s.d. III masing-masing diraih oleh Diana dari SLB Negeri Tarakan Kalimantan Utara, Rega Irfandi Zars dari SLB Negeri Mandiraja Jawa Tengah, dan Fauzan Rafi Arianto dari Sekolah Khusus YKDW 03, Banten.

Kemudian, juara pertama ajang kreasi vlog diraih oleh Tyra Salbiah dari SLB BC Purnama Jawa Barat, juara kedua diraih oleh Irfan Maulana dari SLB Negeri 1 Karangasem, dan juara ketiga diraih oleh Sarah Alifia Marsillah dari SLB Negeri Luragung Kuningan. Sementara itu, juara harapan I s.d. III masing-masing diraih oleh Dimas Teguh Pramono Adjie dari SLB Negeri 3 Jakarta, Fahmi Hasan Widodo dari SLB Ngeri Purbalingga, dan Mahendra Budi Utomo dari SLB Negeri Boyolali.

Selanjutnya, juara pertama ajang kreasi pencak silat diraih oleh M. Fadillah Akbar dari SMAN 1 Porong Jawa Timur, juara kedua diraih oleh Intan Tri Lestari dari SLB Bina Kasih Jawa Barat, dan juara ketiga diraih oleh Choirudin dari SLB Negeri Kemala Bhayangkari 1 Jawa Timur. Sementara itu, juara harapan I s.d. III masing-masing diraih oleh Firmansyah Badar Lubis dari SLB Negeri 2 Pemalang, Azkqya Fitri Noviana dari SLB Ngeri 12 Jakarta, dan M. Ardi Surya Subagja dari SLB Negeri Ciamis.

Kategori terakhir untuk ajang kreasi mewarnai, juara pertama diraih oleh Luk Luk Atul Bu’at dari SLB Tut Wuri Handayani Kapas Jawa Timur, juara kedua diraih oleh Rizki Maulidia dari SLB Negeri Kota Tegal, dan juara ketiga diraih oleh Azalia Nur Anisa dari SLB Negeri Salatiga. Sementara itu, juara harapan I s.d. III masing-masing diraih oleh Ferry Dwijaya H dari SLB Purba Adhi Suta Jawa Timur, Dwi Chika Febriana dari SLB Negeri Karimun, dan Murdiansa dari SLB Negeri Sungailiat, Bangka Belitung.(SD)

 

0 Komentar

X
X