Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) berharap pemerintah pusat menjamin ketersediaan vaksin Covid-19 di daerah. Hal ini tentu demi percepatan dan pemerataan vaksinasi, mengingat kartu vaksin menjadi syarat sejumlah aktivitas masyarakat seperti masuk mal.

"Kita memang sangat berharap agar pemerintah pusat melalui Kemenkes dapat menjamin ketersediaan vaksin di daerah agar percepatan dan pemerataan dapat terwujud," ujar Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang.

Dia tidak menampik bahwa beberapa daerah kekurangan stok vaksin. Hal ini terungkap karena ada sejumlah kabupaten yang melaporkan ketersediaan vaksin kurang. "Ada beberapa laporan dari daerah bahwa ketersediaan vaksin kurang," kata Sarman.

Dia memandang tepat kebijakan vaksin menjadi syarat masuk mal atau pusat perbelanjaan. Selain menggerakaan perekonomian, kebijakan ini juga dinilai mampu meningkatkan kesadaran warga untuk segera divaksin.

"Menurut hemat kami kebijakan ini sangat tepat karena di samping akan menambah kenyamanan pengunjung yang penting akan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk segera divaksin," tutur Sarman.(ROL)