Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa untuk usulan pembangunan fisik dan pemberdayaan ekonomi tahun 2022 sudah start sejak Juli 2021. Pendamping Desa mewanti-wanti pemerintah desa agar bersiap menyiapkan Musrenbangdes sebelum bulan Oktober. 

Foto Ilustrasi Musrenbang Desa

"Iya sebenarnya start sejak Juli lalu, paling akhir semua desa diharapkan sudah menggelar Musrenbangdes untuk usulan 2022 itu akhir September ini, sebab Musrenbang Kecamatan direncanakan digelar sekitar Oktober/Nopember, " Kata Pendamping Desa Kecamatan Lemahabang, Ganda Sasmita, Jumat (3/9).

di Lemahabang, sambung Ganda, desa yang sudah menyelenggarakan Musrenbangdes saat ini antara lain Desa Waringinkarya, Pulomulya, Karyamukti, Pulojaya dan Pasirtanjung. Selebihnya, mulai bertahap digelar Minggu depan, karena ini harus sejalan dengan Permendes Nomor 7 tahun 2021 tentang prioritas penggunaan dana 2022, dimana kisi-kisinya diharapkan selain tuntas RKPDes 2022 juga di arahkan untuk alokasi BLT Dana Desa di tahun 2022 termasuk prioritas ekonomi melalui Bumdes dan ekonomi SDGs. 

"Sesuai Permendes, RKPDes 2022 juga diberikan kisi -kisi soal BLT lanjutan ditahun depan hingga prioritas pemberdayaan ekonomi melalui Bumdes. Sebab, ini yang harus menjadi lokus Pemerintah desa, yaitu anggaran muaranya dominasi pada pemberdayaan dan ekonomi kerakyatan, " Ungkapnya. (Rd)