Kabupaten Karawang Kembali Masuk Zona Level 3 Bukan Akibat Naik Kasus Covid-19, Melainkan Perkara Ini

Kabupaten Karawang kembali masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Padahal dalam sebulan terakhir Karawang sudah berada level 2 menyusul penurunan tajam kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

"PPKM Karawang saat ini naik menjadi level 3 setelah adanya penambahan indikator PPKM oleh pemerintah. Indikator PPKM yang ditambah yaitu target vaksinasi umum dan lansia," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana, Selasa (5/9/2021).

Menurut Fitra, pemerintah telah menambah indikator PPKM salah satunya dari faktor vaksinasi umum dan lansia. Berdasarkan indikator itu Karawang naik level menjadi PPKM Level 3. Alasannya target vaksinasi untuk umum dan lansia belum tercapai. Untuk vaksinasi umum sebanyak 50 persen dan lansia 40 persen.

"Berdasarkan target capaian vaksinasi kita belum tercapai. Dari target vaksinasi lansia 40 persen, kita baru mencapai 37,5 persen. Ini yang membuat PPKM Karawang naik ke level 3," katanya.

Fitra menegaskan, Kabupaten Karawang naik level bukan karena adanya peningkatan kasus Covid-19. Saat ini kasus aktif Covid-19 di Karawang sebanyak 20 orang. Penambahan kasus tiap harinya hanya 1 hingga 3 kasus saja.

Ratio kematian 4,25 persen dan ratio kesembuhan 96 persen. Ratio kasus aktif 0,05 persen, BOR 2,56 persen, positive rate 0,4 persen pada minggu ini.

"Vaksinasi kita sudah kenceng hanya yang lansianya saja kurang dari 40 persen," ucapnya.(***)

0 Komentar

X
X