Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, di sebut membidik Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah regional di kawasan tanah Perhutani Kecamatan Ciampel. Selasa kemarin (16/11), sejumlah pejabat LH Provinsi survey lokasi bakal TPA yang direncanakan dibangun pada 2024 mendatang.

"TPA regional itu nanti beberapa sampah dari kabupaten/kota terdekat di tumpuk di situ, nah kami bersama LH Jabar meninjau lokasi bakal lahan TPA regional tersebut di sekitaran kawasan perhutani di Ciampel. Ini baru planner, karena DED nya keluar 2023 dan dibangun rencananya ditahun 2024, " Kata Pejabat Dinas LH Karawang, Iki Mustika.
Sejumlah Pejabat LH Jabar Saat Meninjau Lokasi Bakal TPA Regional di Karawang

Seperti halnya di daerah Garut, TPA Regional itu pengelolaannya oleh provinsi dan PAD nya masuk ke Provinsi. Soal luas lahan, dirinya belum detail menerima informasinya, begitupun soal lokasi tersebut yang di sekitaran Parungmulya - Kutanegara. 

"Soal mekanismenya juga kami belum detail menerima informasi, apakah Provinsi beli tanah perhutani tukar giling atau cuma pinjam pakai dan nanti ada pemasukan bagi perhutani, juga belum tahu, kita hanya mengantar beliau-beliau ke lokasi itu, " Tandasnya. (Rd)