Jika Kepala Daerah Korupsi Jangan OTT, Tapi Panggil Dulu’, Ini Jawaban Firli

Sebuah video singkat memperlihatkan Bupati Banyumas, Achmad Husein menyampaikan permintaan kepada KPK soal kepala daerah yang kena operasi tangkap tangan (OTT) KPK.

Ketua KPK Firli

Achmad Husein memohon jika KPK menemukan kepala daerah yang membuat kesalahan supaya tidak langsung di-OTT namun dipanggil dulu.

Video tersebut merupakan cuplikan kegiatan diskusi dalam ranah tindak pencegahan yang diadakan oleh Koordinasi Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK, bukan penindakan.

Hal itu ditanggapi oleh Ketua KPK Firli Bahuri menuturkan agar kepala daerah tak usah risih dengan KPK.

Ia menjelaskan, selama kepala daerah merasa benar maka tak usah khawatir menggunakan uang negara serta menjalankan amanatnya.

“Jangan risih dengan kerja-kerja Pemberantasan Korupsi selama merasa benar dalam menggunakan uang negara dan menjalankan amanat sebagai pemimpin yang dipilih oleh Rakyat,” jelasnya kepada wartawan, Senin (15/11).

Firli meminta agar para kepala daerah dapat memanfaatkan rasa takut yang ada terhadap OTT untuk mencegah berperilaku koruptif.

“Mari mengambil hikmah dari keberadaan Rasa Takut. Rasa takut memang dibutuhkan dan ada baiknya, untuk membuat seseorang mengukur perilaku baik dan buruk, dan mencegah berperilaku koruptif,” ujarnya.(ts)

0 Komentar

X
X