Breaking News
---

Ayo Ke SMK Iptek Cilamaya, Kompetensi Kecantikan Hingga Teknik Alat Berat Hadir di Sini

Kompetensi keahlian Teknik Alat Berat (TAB) dan Kecantikan Kulit dan Rambut, kini menjadi kompetensi yang di unggulkan SMK IPTEK Cilamaya. Selain terbatas karena dua kompetensi ini merupakan satu-satunya ada di Karawang, juga bisa mempermudah akses serapan kerja maupun wirausaha para siswa-siswa di sekolah ini. 

Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat hingga Kecantikan Hadir di SMK IPTEK Cilamaya

Kepala SMK Iptek Cilamaya, Engkos Kosim S.Ip M.Si mengatakan, dua kompetensi ini diakuinya merupakan keahlian yang jarang di miliki SMK lainnya di Karawang. Sebab, TAB ini hanya ada 4 SMK di Jawa Barat, seperti Indramayu, Purwakarta dan Subang. Tak heran, kompetensi ini begitu diminati beragam serapan tenaga kerja yang di sekolahnya sudah di buka 4 tahun terakhir. Para lulusannya, belajar sambil praktek dengan fasilitas alat berat semisal eskavator dan lainnya untuk menggarap project besar. 

Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat hingga Kecantikan Hadir di SMK IPTEK Cilamaya

"Untuk TAB ini jumlah siswa yang kami miliki sebanyak 135 dan merupakan kompetensi yang sangat jarang di Jawa Barat, dan satu-satunya di Karawang, sehingga program ini selaras dengan kebutuhan dunia kerja yang peluangnya terbuka lebar, " Katanya, Kamis (30/12).

Engkos menambahkan, kompetensi lainnya yang juga hadir di SMK Iptek Cilamaya ini adalah Kecantikan kulit dan rambut. Pihaknya, mengakui penerimaan siswa di kompetensi ini terbatas, karena dalam satu kelas cukup dengan 35 siswa. Namun, mulai penerimaan peserta Didik baru tahun ajaran 2022/2023 akan membuka kelas baru pada program ini. Sebab, peminatnya memang cukup banyak, karena 95 persen diantaranya dari siswi perempuan. Kecantikan Kulit dan Rambut ini terbilang kompetensi langka dan baru ada di Jawa Tengah, dan kini sudah hadir di SMK Iptek Cilamaya yang merupakan satu-satunya di Karawang.

"Para siswa ini tidak saja diarahkan ke dunia kerja, tapi wirausaha paska lulus, dimana kami bermitra dengan salon dan klinik kecantikan dengan dokter khusus yang profesional di bidangnya. Jadi skill mereka akan terserap di klinik-klinik kecantikan hingga membuka peluang wirausaha mandiri karena di sekolah di arahkan workhsop kecantikan, teori, aplikasi dan bisa menjawab kebutuhan di lapangan, " Pungkasnya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan