Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan mengatakan, arus lalu lintas H-2 libur Natal dan Tahun Baru 2022 pada Kamis (30/12), masih terpantau lancar.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan di Rest Area Tol Bawen. Foto: Dok. Korlantas Polri

“Hari ini saya pengamatan wilayah di Solo dan sekitarnya. Sekarang saya di Kalikangkung, melihat arus lalu lintas dari kemarin baik lokal maupun jalan nasional ini masih relatif lancar,” kata Aan di Pos Pelayanan Terpadu GT Kalikangkung, Semarang, Kamis (30/12).

Aan mengatakan, kondisi serupa juga terjadi di wilayah Sumatera. Tak hanya jalur arteri dan tol, jalur wisata juga terpantau relatif lancar.

“Insyaallah sampai malam tahun baru mudah-mudahan ini bisa terkendali. Karena sesuai dengan kebijakan pemerintah dari pusat, dan Satgas COVID-19, untuk malam tahun baru ini tidak ada perayaan,” ucap dia.

Lebih lanjut, Aan memprediksi puncak arus libur Nataru terjadi pada Jumat (31/12). Namun Korlantas telah menyiapkan sejumlah Cara Bertindak (CB) untuk mengurai kepadatan.

“Masyarakat yang ingin pulang kampung untuk menghabiskan tanggal 1-2 Januari 2022 di kampungnya kemungkinan akan berangkat hari Jumat,” kata Aan.

“Namun kita sudah siap dengan CB-CB yang sudah kita siapkan, sehingga insyaallah semua berjalan lancar,” tambah dia.

Lebih lanjut, Aan mengimbau masyarakat sebaiknya melewati malam tahun baru di rumah bersama keluarga. Sebab pandemi COVID-19 belum selesai dan kini ada varian baru Omicron sudah masuk ke Indonesia.(***)