Breaking News
---

Subhanallah, 21 Desember 2021 Ternyata Akan Terjadi Fenomena Besar Ini

Ramai dibicarakan, sebenarnya ada apa pada tanggal 21 Desember 2021?

Pertanyaan tersebut menjadi topik yang ramai dicari dalam pencarian Google bahkan juga di media sosial lainnya.

Pada tanggal 21 Desember 2021 apakah benar akan terjadi suatu peristiwa, dimana matahari tidak terlihat, dan malam menajdi lebih panjang?

Beberpa waktu terkahir hingga kini topik mengenai ada apa pada 21 Desember 2021 begitu banyak dibicarakan, bahkan tidak hanya di Google saja, namun di TikTok juga banyak yang membahas topik tersebut.

Dari munculnya tipik tersebut akhirnya banyak spekulasi muncul, bahkan ada yang sampai menyebut bahwa bumi akan menalami bencana besar.

Terlebih saat ini Indonesia tengah dilanda banyak peristiwa seperti erupsi gunung berapi, gempa bumi, dan banjir, bahkan diprediksi di beberapa wailayah Indonesia akan diterjang tsunami.

Lalu juga munculnya berbagai ramalan bahwa akan aka bencana luar biasa yang terjadi pada tahun 2021 ini.

Dari hal-hal tersebut semakin membuat penasaran apa yang sebenarnya akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2021.

Mengenai hal tersebut, dijelaskan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dikutip Lingkar Kediri dari laman resminya.

Rupanya pada tanggal 21 Desember 2021, akan terjadi fenomena solstis Desember.

Fenomena solstis Desember merupakan suatu peristiwa dimana posisi matahari berada paling selatan terhadap ekulator langit jika diamati oleh pengamat dari permukaan bumi.

Kemudian ketika diamati dari berbagai titik di luar angkasa, belahan bumi bagian selatan akan terlihat ‘mendekat’ kearah matahari.

Pada waktu itu, para pengamat yang berada di garis balik selatan (Tropic of Capricorn 23,4 derajat LS) akan melihat matahari tepat berada di atas kepala pada waktu tengah hari.

Lalu pengamat lain yang berada di bumi bagian utara, mereka merasakan bahwa malam terasa jauh lebih panjang dandingkan pada malam-malam sebelumnya.

Bahkan pada hari di solstis Desember tersebut matahari tidak akan pernah terbit, namun hal ini lain lah dengan bagian bumi selatan.

Dari penjelasan LAPAN, puncak solstis Desember tersebut akan terjadi pada 21 Desember 2021 pada pukul 23.59 WIB.

Pada saat itu juga baik dari pengamat di bumi utara dan selatan akan sama-sama menyaksikan matahari terbit dari Timur-Tenggara dan terbenam di Barat-Daya.

Sedangkan bagi daerah yang berada di lintang tinggi di bagian selatan, maka akan mendapati matahari terbit dari arah Selatan-Tenggara dan terbenam di Selatan-Barat Daya.

Sehingga dari penjelasan yang telah disampikan oleh LAPAN mengenai peristiwa yang akan terjadi pada 21 Desember 2021 tidak perlu dikhawatirkan lagi, lantaran hal tersebut bukan tanda-tanda akan datangnya peristiwa ataupun bencana yang mengerikan.

Kunjungi situs resmi kami secara langsung di lingkarkediri.pikiran-rakyat.com untuk mendapatkan informasi menarik dan terbaru lainnya.***

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan