×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Catat dan Perhatikan ! Tupoksi Damkar Bukan Hanya Urus Kebakaran, Ini Lengkapnya

11 Feb 2022 | Jumat, Februari 11, 2022 WIB Last Updated 2022-02-11T05:03:39Z
Tak Hanya Memadamkan Kebakaran, Bidang Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Karawang Lakukan Operasi Darurat Non Kebakaran.(11/2/2022).

Tidak hanya memadamkan kebakaran, Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang juga melakukan operasi darurat non kebakaran.

Kepala Bidang Damkar dan Penyelamatan, Rohmat mengatakan, operasi darurat non kebakaran itu merupakan penyelamatan untuk masyarakat dari kelompok masyarakat maupun individu perorangan jika membutuhkan pertolongan.

"Alhamdulillah per 1 Januari 2022 Pemadam Kebakaran menjadi Bidang di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, jadi Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Artinya sekarang tugas Pemadam Kebakaran tidak hanya menanggulangi kebakaran saja, jadi ada penyelamatan yakni operasi darurat non kebakaran," kata dia ketika ditemui di Kantor BPBD Kabupaten Karawang.

"Artinya pada saat membutuhkan penyelamatan seperti tawon, ular, penyelamatan hewan peliharaan, ada pohon tumbang, atau misalnya ada cincin yang sulit dilepaskan, kami dari Pemadam Kebakaran siap membantu," imbuhnya.

Dia menjelaskan, untuk saat ini masyarakat Karawang bisa menghubungi melalui via telpon (infografis di atas) atau datang langsung ke kantor induk maupun pos pembantu dari Damkar di masing-masing wilayah.



"Silahkan untuk masyarakat untuk menghubungi kami atau merapat datang ke kami, untuk saat ini kita memiliki satu kantor induk Damkar di Jalan Dewi Sartika, Negasari, Karawang Barat, dan 5 pos pembantu yang berada di masing-masing wilayah Kabupaten Karawang yang terdekat," tutur Rohmat.

Lima lokasi Pos Pembantu Damkar, lanjut dia, ada di beberapa wilayah di Kabupaten Karawang yakni di Rengasdengklok, Telagasari, Cilamaya Wetan, Cikampek dan Tegalwaru.

Dikatakan Rohmat, Bidang Damkar dan Penyelamatan selalu siap siaga dalam membantu warga, dan diharapkan kepada masyarakat jangan ragu untuk meminta pertolongan atau bantuan terkait kebakaran ataupun bencana alam.

"Kita dari leading sektor pemerintah daerah dalam hal ini kebencanaan di dalamnya ada Damkar apalagi melekat sama penyelamatannya harus siap dalam dan harus hadir untuk masyarakat. Kita dari teman-teman Damkar Alhamdulillah selalu bersemangat dalam membantu," ujarnya. (diks)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS