×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mohon Perhatian dan Pergunakan Bagi yang Membutuhkan! Program Telemedisin Isoman dari Kemenkes RI

10 Feb 2022 | Kamis, Februari 10, 2022 WIB Last Updated 2022-02-10T16:05:34Z
Juru Bicara Satgas Penangan Covid-19 Kabupaten Karawang, dr. Fitra Hergyana menyampaikan Program Telemedisin Isoman dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Program tersebut sebagai upaya pemerintah dalam membantu pasien yang positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri.

Dia mengapresiasi Kemenkes RI dalam penanganan Covid-19. Sebab, melalui program ini masyarakat yang dinyatakan positif bisa melakukan konsultasi secara daring dan mendapatkan fasilitas obat-obatan secara gratis.

"Ini transformasi digitalnya luar biasa, dan ini Alur Telemedisin Isoman sebagai contoh ada seseorang yang terkena gejala, dia tes swab dan hasilnya belum keluar tetapi itu sudah masuk ke dalam handphone miliknya, jadi begitu kita swab hasilnya positif, itu data Kementerian Kesehatan langsung on dan itu langsung masuk ke dalam PeduliLindungi dan langsung masuk ke dalam WhatsApp. Di situ misalnya, namanya disebutkan dengan NIK sekian, itu terdata dalam sistem Kementerian Kesehatan sebagai pasien positif Covid-19," kata dia di Radio Sturada 89,4 FM, Kamis (10/2/2022).

"Seperti contoh yang masuk ke WA ini, 'kami ingin menginformasikan bahwa Covid-19 bisa disembuhkan, dan kami ingin anda dapat mendapatkan penanganan dan konsul gratis dari Kemenkes RI. Jika kamu saat ini sedang melaksanakan isolasi mandiri dan belum mendapatkan pengobatan silahkan menghubungi dokter online berikut informasi lengkapnya,' di situ diselipkan tautan atau linknya. Setelah itu ada Call Center Kementerian Kesehatan," tambahnya.

Melalui konsultasi itu, lanjut dia, pasien yang mengalami gejala ringan atau gejala sedang akan diberikan paket obat sesuai hasil dari konsultasi secara daring tersebut.

"Jadi sebelumnya itu ada konsultasi online dulu, seperti gejala apa yang dirasakan, bergejala atau tidak, nah nanti ada paketnya, yang paket A itu OTG, itu mendapatkan multivitamin, lalu paket B yang ringan nanti dia ada obat multivitamin dengan obat virus Faviviravir. Setelah itu nanti diproses dan dikirim oleh Kimia Farma dan Sicepat sampai dengan ke rumahnya, jadi semudah itu," ungkapnya.
Foto ilustrasi :
Informasi sekilas :
Untuk Pelaksanaan Uji Coba Kegiatan PPKM di Wilayah Kabupaten Karawang sementara di Tunda Sampai Waktu yang belum Di tentukan

Sayangi diri anda dan keluarga dari resiko Penularan Covid-19 varian Baru Omricon dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dengan demikian, dr. Fitra mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Karawang diharapkan untuk tidak panik. Mengingat, dengan program tersebut masyarakat dijamin dengan kesembuhannya.

"Jadi untuk masyarakat tidak usah panik, bagaimana ini bisa sangat mudah sekali dan juga bisa konsultasi lewat online. Dan saya mengimbau masyarakat Karawang untuk tetap menjaga protokol kesehatan serta menjaga imunitas tubuh," harapnya. (diks)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS