Breaking News
---

Damkar Karawang Sarankan Semua Pesantren di Latih Penanggulangan Kebakaran

Paska kebakaran yang menghempas Pesantren Miftahul Khoirot Desa Manggungjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Senin siang (21/2) hingga menimbulkan 8 santri jadi korban jiwa dan 3 lainnya di rawat, Bidang Damkar dan Penyelamatan BPBD Karawang sarankan agar semua pondok pesantren dengan jumlah santri yang banyak, agar mengikuti pelatihan penanggulangan kebakaran. Karena, selama ini, pondok pesantren dengan pengurusnya belum tersentuh pelatihan penting pencegahan kebakaran yang mengancam keselamatan jiwa tersebut.
Pelatihan Pemadam Kebakaran Perlu di Terapkan di Tiap Pondok Pesantren


"Kita sering latih para karyawan di perusahaan, aparat desa dan kecamatan hingga komunitas tertentu, tapi memang di lingkungan pesantren belum di sentuh pelatihan selama ini. Padahal, dengan kejadian ini, menjadi sangat penting kiranya para santri dan pengurus pondok (santri senior) memahami dan tahu cara pemadaman api pada pertolongan pertama, " Kata Kabid Damkar dan Penyelamatan BPBD Karawang Rohmat Ilyas kepada pelitakarawang.com, Selasa (22/2).

Pihaknya dan tim sebut Rohmat, siap jika diperlukan pesantren-pesantren di Karawang untuk melatih para santri soal penanggulangan kebakaran. Meskipun anggaran untuk program belum begitu banyak untuk pelatihan, namun dengan kesiapan tuan rumah, tenaga dan kompetensi tersertifikasi dari tim damkar, disiapkannya untuk memberikan pelatihan. Baik saat terjadi kebakaran, cara pemadaman perdana, media/alat pemadam yang penting diketahui pertama dan tekniknya.

"Kalau di perlukan, kami siap hadir. Saya kira sangat penting pelatihan ini agar kejadian serupa di pesantren-pesantren tidak terjadi dan semua santri sigap tertanggulangi, utamanya meminimalisir korban jiwa bahkan nihil, " Harapnya. (Rd)
Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan