Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia pada hari Minggu, 6 Februari 2022.

Foto ilustrasi : Hujan badai

Wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang adalah Aceh, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua.

BMKG memantau adanya pusat tekanan rendah di Samudra Hindia barat Australia yang membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan selatan Jawa-Nusa Tenggara Timur.

Sirkulasi siklonik terpantau di perairan sebelah barat Sumatera Utara dan di Samudra Hindia barat daya Banten yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Sumatera Utara, Aceh dan di Samudra Hindia barat daya Banten.

Daerah konvergensi lainnya memanjang dari Sumatera Barat hingga Lampung, dari Kepulauan Riau hingga Bangka Belitung, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Selatan, dari Banten hingga Jawa Tengah, di Sulawesi bagian selatan, dan di Papua bagian tengah serta daerah konfluensi terpantau di Laut Jawa, Selat Makassar bag selatan, Laut Flores, Sulawesi Selatan, Bali-Nusa Tenggara Timur.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar pusat tekanan rendah, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Bagi Anda yang ingin berolahraga dan berjemur di pagi hari antara pukul 07.00–10.00, wilayah yang diperkirakan cerah berawan di Medan, Bengkulu, Bandung, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Mataram, Manado, Gorontalo, Palu, Ternate dan Jayapura.(***)