Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) kembali melayani penerbangan internasional yang ditandai dengan mendaratnya AirAsia AK 348 rute asal Kuala Lumpur (KUL).

Pesawat Garuda

penerbangan ini merupakan penerbangan internasional perdana yang kembali dilayani sejak YIA beroperasi secara penuh bersamaan dengan berlangsungnya pandemi COVID-19 di Indonesia sejak 2020 lalu.

Penerbangan AirAsia AK 348 mendarat di YIA pada Jumat (29/4), pukul 17.30 WIB dengan membawa 171 penumpang yang 59 orang di antaranya merupakan Warga Negara Asing (WNA), dan selebihnya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

AirAsia AK 348 disambut dengan prosesi seremonial water salute yang berasal dari kendaraan pemadam kebakaran PT Angkasa Pura/AP I YIA. Usai ditetapkan menjadi entry point berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No.42 tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi COVID-19, YIA merupakan bandara kelima di bawah pengelolaan AP I yang melayani penerbangan internasional.

"Kami terus memastikan setiap operasional dan pelayanan berjalan lancar dan memenuhi standar keamanan, keselamatan dan pelayanan yang berlaku. Kami optimis dengan pembukaan rute ini akan mampu meningkatkan trafik penerbangan rute internasional secara perlahan, serta memberikan efek multiplier bagi pemulihan ekonomi dan industri pariwisata di Yogyakarta," ujar Direktur Utama AP I, Faik Fahmi pada Sabtu (30/4/2022).

Penerbangan AirAsia KUL-YIA-KUL sementara akan beroperasi dengan frekuensi 2 kali dalam 1 minggu, yaitu pada Jumat dan Minggu. Maskapai AirAsia menggunakan pesawat jenis Airbus A320 Neo berkapasitas 186 penumpang, sehingga pada penerbangan perdana tersebut mencapai jumlah penumpang (load factor) 92 persen.

"Kami melihat ini menjadi potensi positif sebagai upaya pemulihan sektor penerbangan, pariwisata dan perekonomian dalam melewati masa pandemi. Kita akan terus berkolaborasi dengan AP Saya untuk memaksimalkan peluang yang kita miliki," ucap Direktur Utama AirAsia, Veranita Yosephine.

Selain water salute, manajemen AP I bersama komunitas bandara, dan juga pemerintah daerah memberikan apresiasi penyambutan bagi penumpang melalui pengalungan bunga kepada penumpang yang tiba di YIA. Selain itu, seluruh penumpang juga disambut dengan tarian khas daerah Yogyakarta.(ts)