Kurma termasuk salah satu buah yang paling populer di dunia. Dengan tekstur yang kenyal dan rasa yang manis, buah ini sering kali dijadikan camilan yang cocok untuk menemani berbuka puasa.

Foto : Aneka macam Kurma

Di bulan Ramadan, kurma sangat mudah ditemukan. Buah berwarna coklat ini nyatanya memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya bisa meningkatkan kesehatan otak. Berikut lima manfaat lainnya.

Baik untuk pencernaan

Serat makanan jadi hal penting bagi tubuh secara keseluruhan. Serat dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan untuk mencegah sembelit. Mengonsumsi cukup serat dapat membantu melancarkan buang air besar secara teratur sebab serat berkontribusi pada pembentukan tinja. Selanjutnya, serat yang terkandung dalam kurma juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Serat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kadar gula darah melonjak terlalu tinggi setelah makan.

Antioksidan

Dibandingkan dengan jenis buah serupa, seperti buah ara dan plum kering, kurma memiliki kandungan antioksidan tertinggi. Kurma menyediakan berbagai antioksidan yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko beberapa penyakit. Antioksidan melindungi sel-sel dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil dan dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh dan menyebabkan penyakit.

Meningkatkan kesehatan otak

Makan kurma dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Studi laboratorium telah menemukan kurma bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6), di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer.

Ketika plak menumpuk di otak, mereka dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel otak dan penyakit Alzheimer. Untuk itu, kurma dapat membantu menurunkan peradangan dan mencegah pembentukan plak di otak, yang penting untuk mencegah Alzheimer.

Pemanis alami

Kurma adalah sumber fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Karena alasan ini kurma sangat manis dan juga memiliki rasa seperti karamel yang halus. Mereka menjadi pengganti gula putih yang sehat dalam resep makanan karena nutrisi, serat, dan antioksidan yang ada pada buah tersebut. Namun, penting untuk dicatat, meskipun tinggi serat dan nutrisi, kurma masih cukup tinggi kalori dan paling baik dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Baik untuk kesehatan tulang

Kurma telah diklaim memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk kesehatan tulang. Mengonsumsi kurma sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang sebab mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Semua ini telah dipelajari potensinya untuk mencegah kondisi yang berhubungan dengan tulang seperti osteoporosis.(*)