Chelsea berhasil merebut tiket ke final Piala FA usai menang atas Crystal Palace dalam pertandingan semifinal di Stadion Wembley, Ahad malam, 17 April 2022. Laga Chelsea vs Crystal Palace berakhir dengan skor 2-0.

Gol Chelsea dibuat oleh Ruben Loftus-Cheek pada menit 65. Ia yang masuk menggantikan Mateo Kovacic sukses memanfaatkan umpan dari Kai Havertz. Lalu gol kedua datang pada menit 76 lewat aksi Mason Mount setelah menerima umpan dari Timo Werner.

Sepanjang laga Chelsea mendominasi permainan. The Blues memegang penguasan bola sekitar 66 persen. Tim asuhan Thomas Tuchel ini melepaskan 8 tembakan dengan 4 diantaranya tepat ke arah gawang. Sedangkan Palace menendang 8 kali ke gawang dengan 2 diantaranya melaju tepat ke gawang Chelsea yang dijaga Mendy.

Di final Piala FA yang dijadwalkan berlangsung pada 14 Mei 2022 di Stadion Wembley tersaji laga antara Liverpool vs Chelsea. Sebelumnya kedua kesebelasan juga bertemu di final Carabao Cup pada 27 Februari 2022 di mana Liverpool menang lewat adu penalti dengan skor 11-10 dari Chelsea.(*)

Chelsea

Mendy; Rudiger, James, Christensen (Silva). Azpilicueta, Kovacic (Ruben Loftus-Cheek), Jorginho (Kante), Alonso; Mount (Ziyech), Werner; Havertz (Lukaku).

Pelatih: Thomas Tuchel

Crystal

Butland; Ward, Andersen, Guehi, Mitchell. McArthur (Olise), Kouyate (Milivojevic), Schlupp (Benteke); Mateta (Jordan Ayew), Zaha, Eze.