Dalam rangka mendukung mudik lebaran 2022, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) TNI Angkatan Laut (TNI AL) siap membantu PT. Pelabuhan Nasional Indonesia (PELNI).

Hal tersebut ditegaskan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono dihadapan media saat melepas keberangkatan Mudik Bersama Keluarga Besar TNI AL bertempat di Lapangan Apel Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (28/04/2022).
Meski begiru sampai saat ini armada PT. PELNI masih mampu mengatasi jumlah penumpang arus mudik lebaran 2022, sehingga TNI AL hanya mendukung pengamanannya saja.
“Sudah saya perintahkan kepada semua unsur TNI AL untuk membantu pengamanan kapal-kapal PT. PELNI yang mengangkut khususnya untuk mudik dan TNI AL juga sudah mempersiapkan kapal LST maupun Landing Platform Dock (LPD) bila-waktu diminta,” ujar Kasal.
Selain meyiapkan dukungan Kapal LPD, TNI AL juga mempersiapkan KRI KAL guna melakukan patroli terhadap jalur laut yang digunakan selama arus mudik 2022. Kemudian dukungan juga akan mendukung di pelabuhan-pelabuhan pada tempatnya baik para pemudik maupun turun kapal.(if)