×

Iklan

Indeks Berita

Kementerian BUMN Siapkan 541 Bus Mudik Bersama 2022

28 Apr 2022 | Kamis, April 28, 2022 WIB Last Updated 2022-04-27T20:41:14Z

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar program mudik gratis untuk 40 ribu pemudik yang mengusung tema "Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, dalam program itu pihaknya menyiapkan 542 bus sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo yang ingin momentum mudik tahun ini dilayani secara khusus setelah dihentikan selama dua tahun karena pandemi COVID-19.

“Saya melepas 12.450 pemudik yang akan mudik gratis “Mudik Aman Mudik Sehat bersama BUMN 2022” pagi tadi,” ujatr Menteri BUMN dalam akun media sosial (medsos) pribadinya pada Rabu (27/4/2022).

Lebih lanjut Menteri BUMN menjelaskan, selain bus, pihaknya juga menyiapkan dan 24 perjalanan kereta api untuk megantar hingga 40 ribu pemudik ke hampir 40 kota di Pulau Jawa dan Sumatra.

Dua memastikan bus-bus tersebut dalam kondisi baik dan pengemudinya juga dalam kondisi sehat agar perjalanan mengantar para pemudik yang merupakan masyarakat umum tersebut dapat berjalan lancar tanpa kendala.

“Semoga mudik Lebaran tahun ini menjadi obat rindu bagi seluruh masyarakat Indonesia. Terutama bagi yang sudah dua kali Lebaran tidak dapat merayakan bersama keluarga di kampung halaman,” katanya.

Dalam program ini, PT Kimia Farma (Persero) Tbk berpartisipasi dengan menyediakan 10 bus untuk tujuh rute, yaitu tujuan Padang, Bukittinggi, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya , dan Malang.

Perseroan juga menyediakan vaksinasi booster Sinopharm secara gratis di klinik Kimia Farma seluruh Indonesia.

Secara terpisah, Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo mengungkapkan, pihaknya memberangkatkan 480 peserta mudik dari dua lokasi, yaitu dari Gelora Bung Karno bersama dengan BUMN lain dan di Kantor Pusat Kimia Farma di Jakarta.



Jumlah bus Kimia Farma yang berangkat dari GBK sebanyak empat bus dengan kapasitas 192 orang. Sedangkan jumlah bus yang berangkat dari Kantor Pusat Kimia Farma sebanyak enam bus dengan kapasitas 288 orang.

"Bagi calon pemudik yang belum melakukan vaksin booster ketiga, Kimia Farma menyediakan layanan vaksinasi booster jenis Sinopharm di Klinik Kimia Farma seluruh Indonesia dengan total sebanyak 26.592 dosis," ujar Verdi.


Pemberian vaksin booster tujuannya untuk memastikan kesehatan para pemudik yang akan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, sehingga tidak menularkan virus yang dapat menimbulkan klaster baru.(*)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS