Anggota DPRD Kabupaten Karawang, Akmaludin melihat potensi ekonomi yang begitu besar ada di Kampung Boneka di Desa Cikampek Utara, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang. Namun sayangnya potensi tersebut belum ditunjang dengan penataan infrastruktur yang memadai.

Menurut Akmaludin, seyogyanya pemerintah daerah melakukan penataan infrastruktur yang iconic dan mendeskripsikan Kampung Boneka. Bahkan akan lebih baik jika Kampung Boneka dijadikan Centra Boneka Kabupaten Karawang.

Anggota DPRD Kabupaten Karawang, Akmaludin 

“Saya kira pemerintah daerah sudah tahu kalau ada potensi ekonomi yang besar di Kampung Boneka ini. Namun sayangnya hingga kini belum terlihat keseriusan pemerintah daerah untuk menunjang potensi ini dengan penataan infrastruktur yang iconic dan bernilai estetik, sehingga dapat mendeskripsikan identitas Kampung Boneka,” ujar dia.

Anggota DPRD Kabupaten Karawang, Akmaludin 

Diungkapkan dia, kondisi infrastruktur Kampung Boneka saat ini terbilang jauh dari kata estetik. Masih banyak infrastruktur yang membutuhkan perbaikan mulai dari jalan, drainase hingga penataan toko-toko boneka.

“Saya harap dalam waktu dekat ini Pemerintah Daerah bisa melirik potensi yang dimiliki Kampung Boneka dengan melakukan pembangunan dan penataan infrastruktur nya. Misal semua jalan dibuat bagus, drainase nya diperbaiki, dan dibangun gapura di setiap jalan masuk Kampung Boneka dengan desain yang memunculkan identitas Kampung Boneka,” ungkapnya.

Senada, Ketua Koperasi Karya Bakti Barokah, Edi Tarmudi mengatakan, Boneka yang diproduksi anggotanya sudah melanglang hampir ke seluruh penjuru Nusantara. Tingginya tingkat produksi juga memberikan banyak lapangan kerja.

Ia juga berharap Kampung Boneka tidak hanya sebatas julukan yang diberikan, tapi potensi yang ada dapat dioptimalkan oleh Pemerintah Daerah melalui pembangunan dan penataan infrastruktur. Sehingga kedepan Kampung Boneka tidak hanya memproduksi boneka, tapi juga dapat menjadi tujuan wisata.

“Kami sangat berharap Kampung Boneka ini jadi objek wisata ekonomi kreatif atau pun menjadi Centra Boneka Karawang. Tentunya hal itu dapat lebih mengoptimalkan potensi ekonomi kerakyatan yang saat ini dimiliki,” pungkasnya.(red/0c)