Presiden Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Tun Sri Setia Mohd Ali bin Mohd Rustam mengukuhkan mantan Wakapolri Komjen (purn) Syahruddin sebagai Wakil Presiden DMDI. Pengukuhan ini ditandai dengan penyerahan SK oleh Tun Ali Rustam kepada Syafruddin di Kantor Yang di-Pertua Negeri Melaka.

Musyawarah Mejelis Tertinggi telah memutuskan Syafruddin menjadi Wakil Presiden DMDI pada Desember 2021. Keputusan diambil setelah mempertimbangkan kiprah Syafruddin dalam kegiatan kemanusiaan dan keumatan di Indonesia dan dunia.

Pada kesempatan tersebut, Tun Ali Rustam mengaku bersyukur atas pelantikan Syafruddin. Syafruddin diyakini akan memperbesar peran DMDI dalam perkembangan islam di dunia. Apalagi, Syafruddin sudah banyak menunjukkan kiprahnya dalam memajukan kegiatan dakwah, pendidikan, dan ekonomi umat.

“Alhamdulillah saya ucapkan kepada Bapak Syafruddin, setelah dilantik sebagai Wakil Presiden DMDI, mudah-mudahan perannya akan bertambah lagi. Kami sudah berbincang banyak bagaimana untuk memajukan kegiatan dakwah, kegiatan pendidikan, dan kegiatan ekonomi,” ujar Tun Ali Rustam melalui keterangan tertulis, Rabu, 13 April 2022.

Sementara itu, Syafruddin mengatakan dirinya siap membantu dalam berbagai kegiatan DMDI demi kemajuan umat islam, baik di bangsa melayu, maupun di seluruh dunia. Dia akan membangun jaringan kuat ke seluruh bangsa-bangsa melayu di dunia, khususnya yang beragama Islam.

DMDI adalah organisasi yang memiliki visi-misi untuk menyatukan orang-orang melayu yang tersebar di seluruh dunia. DMDI berdiri sejak 2000 di Malaka dengan beranggotakan hanya 10 negara, yang kemudian berkembang menjadi 29 negara.(Metro Sidik)