Breaking News
---

Polisi Bakal Kawal dan Bantu Salurkan BLT Minyak Goreng

Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng bagi masyarakat. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) pun siap membantu kelancaran distribusinya.

Foto ilustrasi: ibu -ibu beli migor antri

Penyaluran dilakukan melalui Kementerian Sosial (Kemensos) lewat skema bansos pangan, total jumlah penerima yakni sebanyak 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdiri dari 18,8 juta penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan sebanyak 1,85 juta merupakan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang tidak menerima sembako.

Sementara, untuk penyaluran melalui TNI/Polri lewat skema Bantuan Tunai PKL, Warung, dan Nelayan (BTPKLWN) akan disalurkan kepada 2,5 juta Pedagang Kaki Lima (PKL) dan warung di 514 kabupaten/kota.

Bantuan akan diberikan sebesar Rp100 ribu setiap bulannya. Pemerintah memberikan bantuan tersebut untuk tiga bulan sekaligus, yaitu April, Mei, dan Juni 2022, yang akan dibayarkan di muka pada April 2022 sebesar Rp300 ribu.

Polri pun, telah berkoordinasi dengan seluruh pihak agar pelaksanaan penyaluran bantuan itu berjalan dengan baik dan lancar.

"Kami sampaikan bahwa memang benar kita dapat informasi dari Menteri Perekonomian bahwa kita akan memberikan bantuan kepada para PKL dan warung di bidang penjual makanan terkait untuk mendukung daya beli masyarakat," kata perwakilan Sops Polri, Kombes Pol Guruh Ahmad dalam Media Briefing BLT Minyak Goreng, Jumat (8/4/2022).

Polri pun telah melaksanakan rapat teknis dengan beberapa satuan kerja Polri yang dihadiri oleh Irwasum Polri, Serena Polri, Sops Polri dan Korpbimas Polri karena pendataan dilakukan oleh Babinkamtibmas.

"Hasil kegiatan itu kita sepakat akan atensi membantu penyaluran ini di lokasi yang telah ditentukan," ujar Kombes Pol Guruh.

Polri pun sedang membuat instalasi ke jajaran terkait pendataan, termasuk mendata kuota yang disesuaikan dengan jumlah penduduk.

Kombes Pol Guruh menyatakan bahwa Kapolri juga sedang merevisi pedoman umum dan pedoman teknis sebagai dasar proses penyaluran pada saat kegiatan nanti.

"Rencana kami Senin (11/4/2022) kami akan zoom meeting dengan beberapa Polda terkait percepatan kegiatan ini. Mudah- mudahan di April 2022 kita bisa selesaikan dan tuntaskan terkait dengan kegiatan bantuan tunai pangan BLT minyak goreng itu," jelas dia.(ys)

Baca Juga:
Posting Komentar
Tutup Iklan