Singapura: Umat Islam di Singapura akan menyambut bulan suci Ramadan pada Minggu 3 April 2022. Keputusan ini serupa dengan yang diambil Indonesia, Malaysia.

Foto ilustrasi : Mesjid

Bulan suci dimulai dengan penampakan bulan baru berdasarkan kalender lunar Islam, setelah itu otoritas agama akan mengumumkan awal Ramadan.

Dalam mengumumkan tanggal, Mufti Singapura mencatat bahwa menurut perhitungan astronomi, bulan sabit untuk Ramadan tidak mungkin terlihat di atas cakrawala Singapura saat matahari terbenam pada Jumat malam.

“Artinya besok (Sabtu) adalah tanggal 30 bulan Syaaban. Oleh karena itu, saya dengan senang hati menyatakan bahwa awal Ramadhan 1443H jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022,” ujar Mufti Singapura Dr Nazirudin Mohd Nasir, seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat 1 April 2022.

Dr Nazirudin Mohd Nasir, berharap seluruh umat Islam di Singapura mengalami pengalaman puasa yang bermakna.

“Saya ingin mendoakan semua Muslim di Singapura menjalani puasa yang bermakna dan mengisi bulan dengan perbuatan baik dan spiritualitas yang mendalam,” katanya.

“Semoga bulan yang penuh berkah ini membentuk kita menjadi Muslim yang sukses di dunia ini, dan semoga Allah melimpahkan berkahnya kepada kita di akhirat,” imbuh Mohd Nasir.

Sementara itu, umat ??Muslim di Malaysia akan memulai puasa Ramadan juga pada Minggu 3 April 2022. Hal Tersebut diumumkan Penjaga Stempel Penguasa Tan Sri Syed Danial Syed Ahmad.

Syed Danial mengatakan, tanggal ditetapkan atas perintah Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah setelah disetujui oleh penguasa.

Pengumuman itu disiarkan langsung di Radio Televisyen Malaysia (RTM) malam ini.

Office of the Keeper of Rulers' Seal dalam pernyataan sebelumnya mengumumkan bahwa penampakan hilal untuk awal Ramadhan di Malaysia akan dilakukan pada 1 April.

Disebutkan, proses penampakan hilal akan dilakukan di 29 lokasi secara nasional, antara lain di Pontian Kecil, Johor dan Kompleks Falak Al-Khawarizmi di Kampung Balik Batu, Tanjung Bidara, Melaka.

Umat ??Islam di Malaysia telah menjalani dua Ramadan terakhir di bawah standar operasional prosedur (SOP) yang ketat akibat pandemi covid-19, yang kali ini akan dilonggarkan di bawah Fase Transisi ke Endemik yang dimulai hari ini.

Indonesia

Sementara itu Pemerintah Indonesia menetapkan awal Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada 3 April 2022. Ketetapan itu berdasarkan hasil sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, hari ini, 1 April 2022.

"Secara mufakat bahwa 1 Ramadan 1443 Hijrian jatuh hari Ahad 3 April 2022 Masehi ," Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam telekonferensi pers, di Jakarta, Jumat, 1 April 2022.

Sidang isbat dipimpin langsung Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Selain itu, sidang isbat juga diharisi Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, ormas Islam, ahli astronomi, perwakilan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial, dan tim Unifikasi Kemenag.(medcom).