Kapal Republik Indonesia (KRI) Teuku Umar-385 TNI Angkatan Laut, yang beroperasi di tengah keamanan dan keamanan di laut, berhasil menyelamatkan 10 awak kapal penangkap ikan KM Angke Jaya 2 yang terbakar di perairan Teluk Jakarta. Kamis (14/04/2022).
 
Komandan KRI Teuku Umar - 385, Letkol Laut (P) Faisal Yanova Tanjung, membenarkan kejadian tersebut dan menjelaskan kronologis kejadiannya.
 
Menurutnya, proses mulai dari saat bangun KRI Teuku Umar kepulan secepatnya dari jarak melihat, kemudian KRI mendekati dan ID kapal tersebut dengan cara kontak secara visual.(16/4/22).
 
Komandan KRI Teuku Umar menjelaskan bahwa kondisi kapal yang terbakar cukup besar mengakibatkan KRI Teuku Umar tidak dapat melakukan banyak hal untuk melihat api yang membakar sekitar 80 persen kapal penangkap ikan itu.
 
"Beruntung 10 awak kapal telah meninggalkan kapal ketika menyadari kebakaran tidak dapat ditanggulangi dan dititipkan pada kapal ikan lain,".
 
Ke-10 kapal yang merupakan nelayan terlebih dahulu diperiksa kesehatannya sebelum dititipkan pada kapal ikan lain KM Blessing 03 yang melintas di sekitar lokasi kejadian menuju Pelabuhan Muara Angke Jakarta. Penyebab dan perkiraan besarnya kerugian masih dalam penyelidikan pihak tersebut.
 
Sementara itu Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda (Laksda) TNI Arsyad Abdullah, mengapresiasi bantuan pertolongan oleh jajarannya sebagai bentuk implementasi instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, agar keberadaan TNI AL di mana saja harus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, terutama masyarakat pengguna laut.
 
“Prajurit TNI AL jangan ragu-ragu memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada termasuk sistem kesenjataannya guna kepentingan kemanusiaan,” ujar Pangkoarmada I.(rls)