Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berdoa bersama mengharapkan keselamatan dan kesehatan bagi anak Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aaree, Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022.

Wagub Jabar

"Imbauan untuk masyarakat Jawa Barat kita berdoa mudah-mudahan anak pemimpin kita dalam keadaan selamat dan sehat," kata Uu Ruzhanul Ulum, saat kunjungan kerja ke SMKN 1 Kabupaten Garut, Jumat.

Ia menuturkan sudah mengetahui adanya kejadian yang menimpa putra Kang Emil, Emmeril Khan Mumtadz atau biasa dipanggil Eril itu.

Uu berharap melalui doa tersebut putra pertama Gubernur Jabar itu bisa segera ditemukan dalam keadaan sehat dan selamat.

"Saya sebagai teman baik, sahabat karib berdoa mudah-mudahan anaknya segera ketemu dalam keadaan selamat dan sehat," katanya.

Ia menjelaskan doa merupakan salah satu cara agar yang diharapkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Apabila ada hal yang tidak diinginkan diharapkan menjadi sesuatu kebaikan. Uu menegaskan bahwa musibah itu belum tentu juga dikatakan sebagai peristiwa yang dapat menimbulkan kematian. Untuk itu diharapkan doa dan berbagai upaya yang dilakukan bisa memberikan keselamatan dan kesehatan.

"Berdoa itu salah satu ikhtiar batin, supaya berhasil apa yg diharapkan," katanya.

Putra gubernur itu dikabarkan hanyut terbawa arus di Sungai Aaree, Bern, Swiss. Dia pergi ke negara itu dalam rangka melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Foto Keluarga Ridwan Kamil

Keluarga belum menerima informasi terbaru mengenai anak pertama Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, yang terseret arus Sungai Aare di Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022.

"Berdasarkan informasi yang beredar dan kami kontak dengan Kedubes RI untuk Swis, belum dapat informasi ter-update (terbaru)," kata Elpi Nazmuzaman, adik Ridwan Kamil, saat menyampaikan keterangan pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat.

"Sampai tadi pagi belum ada informasi apa pun yang kami terima," Elpi menambahkan.

Menurut Elpi, aparat kepolisian dan petugas SAR di Kota Bern masih berusaha menemukan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Dia menuturkan bahwa keluarga mendapat kabar bahwa Eril hanyut saat berenang di sungai pada Kamis (26/5) sore. Menurut informasi yang diterima keluarga, petugas pada Kamis (26/5) mencari Eril selama kurang lebih enam jam.

Elpi mengatakan bahwa Eril mengunjungi Kota Bern untuk mencari sekolah.

"Jadi Eril dan keluarga melakukan lawatan dalam rangka untuk mencari sekolah dan beasiswa S2 dan adiknya yang akan masuk ke perguruan tinggi," katanya.